Belajar Cepat Menggambar Lukisan 3 Dimensi Menggunakan PENSIL

MENGGAMBAR LUKISAN 3 DIMENSI DENGAN PENSIL – Dalam diri seseorang terdapat kemampuan/bakat yang sangat luar biasa. Tetapi, luar biasa dari bakat tersebut tergantung dari bagaimana ia menerapkannya dalam kehidupan.

Keberhasilan seseorang pasti pernah memiliki kegagalan dalam menggapai kejayaan. Karena tidak ada seseorang yang sukses tanpa adanya rintangan yang dilalui olehnya. Seperti kata pepatah bahwa “Hasil Tidak Akan Pernah Mengkhianati Proses”.

Kesuksesan seseorang juga bukan berasal dari bakat/kemampuan bawaan saat lahir. Akan tetapi, kesuksesan berawal dari keseriusan seseorang dalam bekerja demi meraih cita-cita masa depan.

Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin melakukan sesuatu hal berbeda dari kemampuan/bakat anda, lakukanlah.

Belajar Cepat Menggambar Lukisan 3 Dimensi Menggunakan PENSIL


Pengertian 3 Dimensi

3 Dimensi atau biasa di singkat “3D” yaitu sebuah objek yang memiliki bentuk panjang, lebar dan tinggi. Biasa didapati bahwa 3D digunakan dalam bidang matematika atau fisika.
Namun tak hanya dalam bidang tersebut, namun juga dapat digunakan dalam seni, grafis, animasi, komputer dan lain sebagainya.

Konsep 3 Dimensi memenerangkan suatu bagian yang memiliki 3 dimensi geometris atas kriteria mulai dari kedalaman, lebar, dan juga tinggi. Sebagaimana yang sudah kita lihat adalah bola, piramida dan juga benda spasial seperti kardus kotak sepatu.

Ternyata, nama 3D sering digunakan terutama dalam bahasa inggris sebagai representasi dalam menunjukkan grafis komputer digital. Dengan cara, menghilangkan gambar stereoscopic atau gambar lain dalam pemberian bantuan bahkan efek stereo sederhana. Yang secara wujudnya dapat menciptakan efek 2D (melalui perhitungan proyeksi perspektif, shading)

Baca Juga : Teknik Dasar Bulu Tangkis/Badminton

Karya Seni Gambar 3 Dimensi

Gambar 3 Dimensi yaitu sebuah gambar ataupun lukisan yang seolah-olah berada di dunia nyata. Dari setiap dimensinya mempunyai panjang, tinggi, dan lebar sesuai dengan yang dijelaskan sebelumnya. Jika kita menggambar di atas sebuah kertas, hasilnya akan menjadi gambar 2 dimensi.

Akan Tetapi melalui karya seni ini, seseorang dapat me sebuah segi yang berbeda juga bisa mengelabui mata. Gambar 3 dimensi yang sudah di ilustrasikan di atas sebuah kertas, membuat gambar seolah-olah keluar dari kertas dan seolah-olah berada di dunia nyata.

Dalam membuat gambar 3 dimensi diperlukan pengalaman khusus dari diri seseorang. Gambar 3D tak hanya sebuah coret-coretan di atas sebuah kertas, melainkan semua harus diperhitungkan supaya terlihat seperti nyata.

Baca Juga : Rahasia Sejarah Bulu Tangkis Dunia

Seniman Asal Italia

Alessandro Diddi, seorang seniman yang berasal dari Italia ini sudah membuat gambar 3 dimensi yang sangat mememesona. Dan lebih meluar biasanya lagi, pada pembuatan gambar 3 dimensi hanya mendayagunakan sebuah alat tulis berupa Pensil. Hampir seluruh gambar 3 dimensi yang dibuat olehnya membuat mata kita terkecoh atas karya seni yang sudah ia produksikan di atas kertas hanya dengan sebuah pensil.

Dalam menggambarkan sebuah gambar 3 dimensi memementingkan sudut pandang yang pas agar gambar dapat muncul dari kertas. Tentunya kemahiran Alessandro Diddi tidak perlu diragukan lagi, sebab hanya bermodal sebuah pensil, ia dapat melimpahkan imajinasinya dengan bebas pada karya-karyanya yang luar biasa.

Belajar Menggambar Lukisan 3 Dimensi

Seperti yang tertera pada artikel ini, akan kami berikan pembelajaran mengenai “Cara Menggambar Lukisan 3 Dimensi Hanya Menggunakan Pensil”. Anda tidak bisa? Jangan berkata tidak bisa. Berkatalah “Saya Belum Bisa”.

Berikut adalah salah satu contoh dasar dalam membuat gambar 3 dimensi menggunakan pensil :

Baca Juga : 28+ Tips Cepat Tidur 

Gambar Tangga / Stairs 3D

Gambar Tangga / Stairs 3D

Yang akan kami berikan untuk dasar pembuatan adalah gambar 3 dimensi sebuah tangga. Mungkin terlihat begitu mudah, namun jika di praktekkan kadang akan menjadi sulit. Berikut adalah langkah pembuatan gambar tangga 3 dimensi di atas sebuah kertas :

1. Bahan / Alat yang akan Digunakan

Bahan/alat yang digunakan untuk membuat gambar tangga 3 dimensi adalah : penggaris (penggaris lurus), pensil dan penghapus, pulpen/spidol, dan yang terakhir adalah kertas kosong.

1. Bahan / Alat yang akan Digunakan

2. Penempatan Peralatan

Letakkan semua peralatan itu di atas meja atau permukaan yang datar agar menggambar lebih nyaman. Untuk tahap pertama, tekuklah kertas sehingga membentuk sudut 90°. Usahakan agar kertas membentuk sudut yang rapi, supaya memudahkan dalam menggambar..

2. Penempatan Peralatan

3. Garis Lurus Utama

Tahap kedua yaitu membentuk garis lurus utama yang melewati lekukan kertas. Gunakanlah pensil dan penggaris lalu membentuk garis sepanjang 10 cm. 5 cm ke arah atas dan 5 cm ke arah bawah. Usahakan agar membentuk garis yang lurus supaya tidak terjadi kesalahan.

3. Garis Lurus Utama

4. Garis Ujung dan Tengah

Garis tahap kedua berada di kedua ujung garis utama dan berada tepat di lekukan sebuah kertas. Untuk garis yang berada di kedua ujung memiliki panjang 2 cm, dan pada tepat di lekukan kertas sepanjang 5 cm (2.5 cm ke kanan, 2.5 cm ke kiri).

4. Garis Ujung dan Tengah

5. Garis Samping

Selanjutnya adalah membentuk garis pada sisi kanan dan kiri. Panjang garis bermula dari garis kanan/kiri yang berada pada ujung garis utama menunju garis kanan/kiri lekukan kertas. Sehingga garis akan membentuk pada gambar ke-2 dari gambar di bawah ini.

5. Garis Samping5. Garis Samping

6. Membuat Titik Garis Samping Dalam

Selanjutnya adalah membuat titik garis samping dalam dengan membuat sebuah titik pada garis lekukan kertas. Berilah titik pada jarak 0.5 cm dari garis utama. Titik tersebut hanya berada di bagian kiri karena pada bagian kanan akan diberikan garis yang berbeda.

6. Membuat Titik Garis Samping Dalam

7. Garis Samping Kiri Dalam

Setelah titik itu selesai, mulailah menggaris dari ujung atas garis utama sebelah kanan menuju titik yang telah anda buat. Lalu dilanjutkan dengan menggaris dari titik menuju ujung bawah garis utama sebelah kanan. Garis akan membentuk pada gambar ke-2.

7. Garis Samping Kiri Dalam7. Garis Samping Kiri Dalam

8. Garis Samping Kanan Dalam

Selanjutnya adalah membuat garis samping kanan dalam. Garis dimulai dari ujung garis atas utama bagian kiri menuju tengah-tengah garis utama. Lalu membuat garis dari tengah menuju ujung garis bawah utama bagian kiri. Yang akan membentuk seperti pada gambar ke-2.

8. Garis Samping Kanan Dalam

8. Garis Samping Kanan Dalam

9. Menghapu Garis Utama

Setelah itu adalah menghapus garis utama dengan penghapus. Hapuslah garis utama sebersih mungkin agar tidak mengganggu. Jika garis lainnya ada yang terhapus, biarkan saja. Sehingga garis akan membentuk gambar ke-2 di bawah ini.

9. Menghapu Garis Utama

9. Menghapu Garis Utama

10. Menebalkan Dengan Pulpen / Spidol

Setelah selesai menghapus, tebalkan pada bagian samping kanan dan samping kanan dalam garis dengan pulpen atau spidol. Tebalkan dengan menggunakan penggaris agar lebih rapi. Penebalan ini sebagai tiang bagian kanan dan kiri tangga.

10. Menebalkan Dengan Pulpen / Spidol

11. Mebuat Anak Tangga

Selanjutnya adalah membuat anak tangga. Buatlah anak tangga se-rapi mungkin dengan jarak yang sama menggunakan pensil. Lalu tebalkan anak tangga tersebut dengan pulpen/spidol. Kemudian hapuslah pada garis atas dan bawah sehingga membentuk gambar ke-2 di bawah ini.

11. Mebuat Anak Tangga

11. Mebuat Anak Tangga

12. Membuat Bayangan Anak Tangga

Setiap benda pasti memiliki bayangan. Buatlah bayangan anak tangga tersebut dengan pensil, lalu tebalkan bayangan tersebut dengan pensil juga, jangan menggunakan pulpen/spidol. Sehingga akan membentuk seperti gambar ke-2 di bawah ini.

12. Membuat Bayangan Anak Tangga

12. Membuat Bayangan Anak Tangga

13. Memfokuskan Penglihatan

Tahap terakhir adalah meletakkan kertas tersebut bersandar dengan dinding agar kertas membentuk sudut 90°. Lalu fokuskan penglihatanmu sehingga bentuk tangga tersebut menjadi lurus. Lebih mudahnya, gunakan kamera atau juga bisa menggunakan satu mata.

13. Memfokuskan Penglihatan

Variasi Gambar Tangga 3 Dimensi

Oke, akhirnya selesai deh. Bagaimana? Anda bisa? Tentu saja pasti bisa. Dari dasar pembuatan Gambar 3 Dimensi ini anda dapat membuatnya berdasarkan tangga bagaimanakah yang anda inginkan. Seperti pada contoh di bawah ini :

Baca Juga : Susunan Makalah yang Langsung Diterima Dosen!

Variasi Gambar Tangga 3 Dimensi Variasi Gambar Tangga 3 Dimensi Variasi Gambar Tangga 3 Dimensi Variasi Gambar Tangga 3 Dimensi Variasi Gambar Tangga 3 Dimensi

_________________________________________

Penutup

Oke, terima kasih telah mengunjungi blog kami. Semoga apa yang kami sampaikan dapat memberikan kemudahan dalam mempelajari cara membuat gambar 3 dimensi.

Sekian dari kami, semoga anda sekalian tetap semangat dalam berkarya. Jika ada kekurangan maupun kesalahan dalam artikel kami, silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah yang telah kami sediakan. Terima kasih.

Mari mendalami Gambar 3 Dimensi lebih dalam lagi :

  • 1. 40+ Contoh Ilustrasi/Gambar 3 Dimensi (3D) | Wallpaper HD + Cerita Pendek. Klik Disini
  • 2. Sedang dikunjungi 

13 pemikiran pada “Belajar Cepat Menggambar Lukisan 3 Dimensi Menggunakan PENSIL”

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: