17+ Tips Cara Menjadi YouTuber Sukses Bagi Pemula | Detail

CARA MENJADI YOUTUBER SUKSES BAGI PEMULA – “Yoo Whatszap gays, berjumpa lagi di channel YouTube ………… “. Nah tentu kalian tidak asing lagi dengan kata-kata tersebut kan? Tentu saja kalimat tersebut sering di ucapkan oleh para YouTuber di Indonesia.

So, kalian juga ingin jadi YouTuber sukses seperti Chandraliow, Reza Oktovian, SkinnyIndonesian24, serta Edho Zell bukan? Sangat beruntung sekali anda mengunjungi artikel kami disini. Insyaallah akan kami bahas secara detail apa-apa tentang YouTube. So, let’s check it out, selamat membaca … !!

17+ Tips Cara Menjadi YouTuber Sukses Bagi Pemula Detail


Tentukan Topik Channel YouTube Anda

Tentukan Topik Channel Anda

Sebelum membuat channel YouTube, pertama kali yang harus anda lakukan adalah menentukan topik. Topik video apa yang akan anda berikan kepada para penonton. Topik yang dapat anda ambil bisa berupa hobi, bakat, keterampilan serta pengalaman yang dikuasai.

Contoh jika anda memiliki bakat dalam bernyanyi, anda dapat meng-cover lagu. lalu jika anda juga memiliki skill dalam edit video, anda dapat menambahkan efek video. Berikut merupakan beberapa topik channel YouTube yang dapat anda ambil maupun sebagai contoh.

Jika anda masih bingung untuk memilih kontek pada channel YouTube anda, santai saja. Tentunya kami akan berikan juga beberapa channel YouTube yang bisa anda ambil sebagai referensi channel YouTube anda.

Baca Juga :  40 Cerita Pendek dari Gambar 3 Dimensi

YouTuber Makanan (Food)

Topik pada makanan tak jauh dari kata kuliner. Topik channel kuliner ini berupa memasak, menghias makanan, atau bisa juga menantang diri anda untuk mencicipi makanan yang unik yang tidak biasa.

Agar supaya channel anda laris, berikan video berupa tips cara memasak, bereksperimen masakan baru, memberikan informasi seputar kuliner, seperti contohnya resep sosis bakar. Dan juga rekomendasikan menu makanan dan tempat yang tepat. Berikut salah satu contoh cahnnel dari Ken & Grat

 

YouTuber Komedi (Comedy)

Tidak usah diragukan lagi bagi anda yang memiliki kemampuan untuk membuat para penonton tertawa. Komedi adalah topik yang paling banyak di cari seperti lagu “Eta Terangkanlah” yang entah kenapa menjadi trending. Hingga banyak yang membuat parodi lagu pendek tersebut.

Video yang akan anda buat bisa dimulai dari kehidupan sehari-hari diri anda yang sekiranya dapat membuat penonton terhibur. Anda juga bisa membuat opini tersendiri untuk membuat video lelucon lucu, asal tetap sehat dan tidak bermaksud menghina atau membulli orang lain.

Unsur topik ini bisa dikatakan topik yang menyeluruh, tentunya dapat digunakan pada semua topik. Siapa sih yang tidak suka komedi? Berikut salah satu contoh channel dari Komedi Indonesia

 

YouTuber Musik (Music)

Nah, untuk pada kategori ini sangat cocok bagi anda yang seorang penggemar musik. Musik disini bisa berupa memainkan alat musik, bernyanyi bahkan juga menciptakan lagu sendiri. Dalam topik ini anda juga dapat meng-cover lagu orang lain.

Apabila anda suka menciptakan sebuah lagu, manfaatkanlah media YouTube ini sebagai penyiar bakatmu. Tidak usah anda malu ataupun ragu untuk terus berkarya. Buatlah dengan kualitas yang baik agar penonton makin menyukai video-video anda. berikut salah satu contoh channel dari LAST CHILD.

 

YouTuber Kecantikan (Beauty)

Kategori ini sangat banyak diminati oleh kaum hawa. Mulai dari passion dalam bidang kecantikan seperti halnya make-up dan produk kecantikan lainnya. Anda dapat memberikan tips dalam mempercantik diri anda.

Anda juga dapat memberikan review terhadap produk kecantikan baru. Akan tetapi, jangan memberikan informasi review yang mengecewakan sehingga membuat berkurangnya pengunjung channel anda.

Akan tetapi pada topik yang satu ini saya sarankan tidak digunakan pada wanita muslimah. Pastinya jika anda wanita muslimah tahu sendiri kenapa topik ini lebih baik tidak digunakan. Pilihlah topik yang sekiranya tidak melanggar aturan bagi para muslimah sekalian. Berikut salah satu contoh channel dari media kecantikan.

 

YouTuber Kesehatan (Health)

Bisa dikatakan bahwa konten ini memiliki banyak penggemar. Terutama dalam video yang memuat informasi mengenai kesehatan jasmani maupun rohani. Konten ini dapat anda buat seperti tips diet, olahraga, makanan sehat, cemilan-cemilan sehat dan lain sebagainya.

Tentunya ada banyak ide juga dari topik ini, misalnya memuat video tentang kehidupan sehat yang anda lakukan sehari-hari. Dari topik ini anda dapat membagikan kehidupan sehat ala diri anda kepada masyarakat luas. Berikut salah satu contoh channel dari Media Portal Kesehatan.

 

YouTuber Seni dan Kerajinan (Art and Craft)

Topik ini digunakan bagus digunakan bagi anda yang suka menggambar dan membuat kerajinan tangan. Anda dapat memuat video dengan isi tutorial cara menggambar. Anda juga dapat memberikan bagaimana membuat kerajinan tangan melalui barang bekas dan lain sebagainya.

Bisa dikatakan juga ini merupakan topik yang sering di cari. Dari topik ini anda juga dapat merekomendasikan tempat-tempat belajar menggambar maupun kerajinan tangan. Kuncinya adalah, anda harus kreatif dengan bakat yang anda miliki. Berikut salah satu contoh channel dari Tutorial Kerajinan Tangan.

 

YouTuber Jalan-jalan (Travelling)

Video-video yang ada di dalamnya tentu saja berisi tempat-tempat travelling yang bagus untuk di kunjungi. Jika anda memiliki hobi jalan-jalan ke tempat unik, konten ini cukup tepat untuk anda gunakan. Anda dapat berbagi cerita seru di berbagai perjalanan anda.

Tentunya jalan-jalan itu tidak menyenangkan jika sendiri, bisa lebih baik jika topik ini digunakan dalam satu organisasi. Seperti contohnya anda berkolaborasi dengan teman anda sehingga perjalanan lebih terlihat menyenangkan. Seperti contohnya memakai kaos reuni SMA di tempat reunian yang sudah kalian janjikan.

Anda juga bisa memperkenalkan budaya-budaya unik di tempat yang anda kunjungi. Seperti tarian daerah dan tempat-tempat unik lainnya. Berikut salah satu contoh channel dari Travel Channel Indonesia.

 

YouTuber Sains atau Bahasa (Science or Language)

Munkin kebanyakan orang berfikir bahwa topik ini tidak terlalu populer atau bagaimana. Kata siapa? Bagi anda yang memiliki potensi dalam bidang bahasa maupun ketertarikan pada bidang sains, bisa mengandalkan topik ini pada channel anda.

Dari topik sains (science) anda dapat memberikan suatu video yang sangat menarik. Video yang dapat anda buat seperti contohnya eksperimen-eksperimen unik yang membuat penonton terkagum akan eksperimen tersebut.

Bagi anda juga yang menguasai teknik-teknik bahasa (language) negara lain, tentu saja anda dapat membagikan tips-tips cara mempelajari bahasa yang anda pahami. Dari bahasa tersebut juga dapat menjadi komedi, semua itu tergantung bagaimana anda membuatnya. Berikut salah satu contoh channel dari Science Channel dan English Today Jakarta.

 

YouTuber Game (Gaming)

Siapa yang tidak kenal dengan topik GAMING? pasti anda tahu tentang topik ini. Ini merupakan topik paling populer bagi pecinta game di YouTube. Topik ini bisa dikatakan akan sangat mudah memberikan pengunjung, namun semua tergantung bagaimana anda mengaplikasikannya.

Pada topik ini anda tak perlu repot-repot untuk pergi keluar rumah ke tempat lain semacamnya. Cukup berada di depan komputer, laptop, tablet, dan android anda. Dengan merekam game yang anda mainkan beserta anotasi suara anda yang membuat penonton terhibur.

Hal ini tidak perlu di bahas terlalu panjang karena anda cukup hanya bermain game saja, oke? Berikut salah satu contoh channel dari reza oktovian.

 

Membuat Channel YouTube

Cara Membuat ChannelAkun Youtube

Setelah anda mendapatkan ide-ide pada channel anda, saatnya membuat rumah bagi video-video yang akan anda bagikan. Jika anda belum tahu bagaimana cara dan langkah-langkah membuat channel YouTube, klik saja disini untuk penjelasannya.

Channel YouTube yang anda buat bisa menggunakan nama pribadi anda, atau nama-nama lainnya. Tentunya lengkapi juga dengan foto profil dan sampul yang cukup terlihat wow bagi pengunjung anda. Jika sudah, mari lanjut memasuki step berikutnya.

Baca Juga : 32 Permainan Tradisional di Indonesia

 

Mulai Membuat Video

Mulai Membuat Video

Mulai membuat video. Nah inilah jenjang yang dimana para YouTuber harus sabar dan terus kerja keras dalam pembuatannya. Tentunya akan lebih baik jika video anda merupakan video yang berkualitas tinggi. Tidak berkualitas tinggi juga tidak apa-apa yang penting adalah bagaimana anda dapat menghibur para masyarakan luas di dunia maya.

Membuat Video Pendek

Dalam pembuatan video tidak usah terlalu bertele-tele alias terlalu memaksakan. Buatlah sekiranya video dengan durasi minimal 10 menit. Tidak mencapai 10 menit juga tidak apa-apa jikalau video itu hanya sebuah trailer atau semacamnya.

Lightning / Pencahayaan

Pencahayaan pada video sangat penting. Jika anda tidak peduli dengan pencahayaannya, tentu akan membuat kualitas video anda kurang bagus. Pencahayaan tidak perlu menggunakan peralatan mahal atau lain sebagainya. Cukup anda kreatifkan sendiri dalam pencahayaannya.

Edit Video

Setelah anda selesai merekam apa yang anda lakukan, saatnya proses edit video. Tentunya proses edit video memakan waktu cukup lama. Semua tergantung bagaimana anda mengaplikasikannya.

Dalam hal editing video, anda tak perlu bergegas-gegas untuk menyelesaikannya, hal itu hanya kan membuat kualitas video anda semakin berkurang. Telitilah sedetail mungkin bagian-bagian yang bisa di edit, hingga membuahkan video yang berkualitas.

Software-software editing yang dapat anda gunakan, bisa anda klik disini.

Video Original

Tentunya video yang anda buat harus original (bukan punya orang), karena tentunya YouTube memiliki sistem Copyright jika video anda terkandung file orang lain. File orang lain tersebut bisa berupa lagu, suara, dan video. Oleh karena itulah anda harus membuat video seoriginal mungkin.

Konten yang Berkualitas

Seperti yang saya katakan sebelumnya, anda harus membuat konten channel YouTube anda berkualitas. Sehingga membuat subscriber anda nyaman untuk selalu mengikuti shannel anda. Mulai dari foto profil, header channel, dan tentunya video-video anda.

Gunakan Anotasi Video

Anotasi video ini sangat perlu untuk menambang pengikut/subscriber anda. Anotasi ini bisa berada pada bagian depan video maupun pada bagian akhir video. Bisa dikatakan anotasi ini merupakan ajakan untuk berlangganan di channel anda.

Baca Juga : Kumpulan Cerita Kocak Islami

 

Unggah Video Anda dan Sebarkan

Unggah Video Anda dan Sebarkan

Nah, ini dia hal yang paling ditunggu-tunggu dan membuat hati berdebar. Yaitu mengunggah video anda ke YouTube. Anda belum tahu caranya? Lihat ikon dengan gambar panah ke atas di pojok kanan atas. Klik dan masukkan video anda, selesai.

Baca Juga : Susunan Makalah yang Langsung Diterima Dosen!

Judul dan Deskripsi Video yang Tepat

Setelah anda mengunggah video anda, gunakan judul dan deskripsi video yang tepat. Gunakan judul yang sekiranya banyak orang-orang mencarinya, tetapi jangan sampai berbeda dengan topik pembahasan pada video anda.

Guakan juga deskripsi video yang sekiranya membantu menjelaskan sedikit tentang video anda. Anda juga dapat menambahkan link media sosial anda disana supaya pengunjung mengetahui siapa anda sebenarnya.

Memilih Thumbnail yang Tepat

Thumbnail merupakan gambar yang tertera pada video. Gambar yang anda gunakan harus membuat penonton ingin menonton video anda. Anda bisa mengeditnya terlebih dahulu supaya lebih menarik.

Buat Playlist

Playlist merupakan lahan tempat supaya pengunjung dapat mencari dengan mudah video-video anda. Tempatkan video-video anda di playlist yang tepat, hingga pengunjung tidak bingung untuk mencari video anda.

Bagikan ke Sosial Media

Nah, tentunya buatlah sedikit cuplikan video atau bisa langsung anda share link url-nya. manfaatkan sosial media anda berupa Facebook, Instagram, Twitter, Google+, dan lain sebagainya. Dan sering-seringlah berkomentar pada video orang lain.

*NB : Untuk mendalami pengetahuan serta wawasan dalam kehidupan, anda bisa pilih menu “Informasi” diatas.

_________________________________________

Penutup

Oke, sekian saja yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel kami dapat menjawab semua pertanyaan anda. Jika ada kekurangan maupun kesalahan dalam artikel kami, silahkan berkomentar dibawah agar kami dapat memperbaiki kekurangan maupun kesalahan tersebut.

_________________________________________

Mari mendalami tentang YouTube lebih dalam lagi :

  • 1. Cara Membuat Channel/Akun dan Mendapatkan Uang dari YouTube. Klik Disini
  • 2. Sedang anda kunjungi.

 

Jangan Lupa Juga Untuk Mengunjungi Channel YouTube Kami :

5 pemikiran pada “17+ Tips Cara Menjadi YouTuber Sukses Bagi Pemula | Detail”

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: