25 Contoh Hewan Vertebrata Full Gambar + Wallpaper HD

CONTOH HEWAN VERTEBRATA GAMBAR WALLPAPER – Pada kali ini akan kami berikan contoh hewan vertebrata berdasarkan klasifikasinya. Klasifikasi tersebut adalah Pisces, Amphibia, Reptil, Aves, dan Mammalian. Berikut adalah contoh beserta gambar wallpaper yang dapat kami sediakan. Semoga menghibur !!

25 Contoh Hewan Vertebrata Full Gambar + Wallpaper HD


Contoh Hewan pada Klasifikasi Ikan (Pisces)

Pisces merupakan jenis hewan yang habitat hidupnya berada di dalam air dan bernafas menggunakan insangnya. Pisces juga memiliki sirip yang memiliki fungsi sebagai alat pergerakan atau perpindahan tempat serta gurat sisi untuk mengetahui tekanan air. Kelas ini termasuk klasifikasi hewan berdarah dingin, karena suhu tubuhnya dapat menyesuaikan lingkungan sekitarnya.

Hiu (Shark)

Hiu (Shark)

Hiu merupakan sekelompok ikan yang memiliki kelengkapan tulang rawan dan dengan tubuhnya yang ramping. Mereka bernafas menggunakan lima liang insang, ada yang enam bahkan tujuh pada bagian samping atau belakang.

Hiu memiliki lapisan kulit dermal denticles yang melindungi dari kerusakan, parasit dan untuk menambah dinamika air. Mereka juga memiliki deretan gigi yang dapat digantikan. Dan hiu merupakan jenis spesies berukuran besar.

 

Salmon

Salmon

Ikan salmon merupakan sejenis dari pada Salmonidae. Salmon juga memiliki kehidupan dengan selalu bermigrasi (anadromous) untuk berkembang biak. Tempat migrasi antara lain adalah hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.

Salmon terlahir pada perairan air tawar. Salmon bermigrasi ke lautan lalu kembali ke tempat yang sama untuk berkembang biak. Namun para peneliti belum mengerti mengenai bagaimana cara mereka menyimpan memori ruma asalnya.

 

Trout

Trout

Trout merupakan nama sejumlah ikan yang hidup pada air tawar. Trout ini memiliki hubungan erat pada salmon dan char. Triut juga kadang menghabiskan du atau bahkan 3 tahun menjalani hidupnya di lautan, tetapi lebih tipikal ikan salmon.

Trout juga merupakan sumber makanan penting bagi kehidupan manusia dan satwa liar. Trout diklasifikasikan sebagi ikan berminyak sehingga beruang coklat, burng pemangsa, dan hewan lain sering mencarinya.

 

Tuna

Tuna

Tuna merupakan ikan laut pelagik yang termasuk pada bangsa Thunnini. Ikan tuna ini merupakan perenang handal yang pernah mencapai kecepatan 77 km/jam. Daging/otot pada ikan tuna lebih banyak mengandung myogoblin sehingga warnanya menjadi merah.

Beberapa ikan tuna seperti contohnya tuna sirip biru dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air. Hal ini membuat tuna tersebut dapat hidup di air yang lebih dingin dengan kondisi yang beragam.

 

Kuda Laut (Seahorse)

Kuda Laut (Seahorse)

Kuda laut merupak jenis ikan yang hidup di lautan. Hewan yang dengan memiliki variasi ukuran pada tubuhnya antara 16 cm sampai 35 cm. Kuda laut ini merupakan satu-satunya hewan dengan spesies jantan yang dapat hamil.

Populasi yang terjadi pada kuda laut sangat terancam karena adanya penangkapan secara berlebihan. Tetapi beberapa spesies kuda laut memiliki tubuh berwarna transparan sehingga tidak mudah untuk dilihat.

 

Contoh Hewan pada Klasifikasi Amfibi (Amphibia)

Jenis kelas ini merupakan hewan yang dapat hidup di dua tempat yaitu darat dan air. Namun tak semua hewan jenis ini dapat hidup di kedua tempat. Seperti salamander yang hanya dapat hidup di air dan beberapa jenis katak yang hanya hidup di darat. Jenis hewan ini dapat bernafas dengan paru-paru ataupun insang.

Salamander

Salamander

Salamander merupakan nama yang umum pada spesies amfibi. Salamander memiliki ciri tubuh seperti layaknya kadal dengan tubuh yang ramping, berhidung pendek, dan ekor yang panjang.

Sebagian besar salamander mempunyai empat jari kaki depan dan lima jari pada kaki belakang. Mereka juga memiliki kulit yang lembab sehingga lebih menyukai habitat yang cenderung terdapat air.

Sepeneuhnya dalam hidup mereka salamander hidup pada sepanjang perairan. Sebagian mereka ada juga yang tinggal di air dan hidup di darat ketika dewasa. Salamander juga merupakan hewan unik karena dapat menumbuhkan kembali bagian tubuh mereka yang hilang.

 

Katak (Frog)

Katak (Frog)

Katak adalah binatang amfibi pemakan serangga yang berkehidupan pada air tawar dan juga daratan. Katak mempunyai kulit licin, berwarna hijau atau merah kecoklatan, kaki belakng lebih panjang yang pandai melompat dan juga berenang.

 

Kodok (Toad)

Kodok (Toad)

Kodok tidak jauh berbeda dengan katak. Namun binatang ini memiliki kulit yang kasar dan berbintil-bintil. Sering didapati pada bangsa kodok hanya memiliki kaki yang pendek sehingga tak pandai melompat. Nama lain di Indonesia dari kodok adalah bangkong.

 

Kadal Air (Newt)

Kadal Air (Newt)

Kadal air merupakan jenis yang sama dari pada kadal biasanya. Akan tetapi kadal air ini tidak akan dapat hidup di darat. Ia memiliki tubuh yang licin dan berkilau. Panjangnya kira-kira dapat kurang ataupun lebih dari 3 m.

 

Sesilia (Caecilian)

Sesilia (Caecilian)

Sesilia merupakan amfibi yang memiliki tubuh besar atau bisa juga disebut ular. Diketahui bahwa hewan ini sangat langka untuk di temukan. Karena ia hidup di hutan-hutan dalam tanah yang gembur dekat sungai dan rawa-rawa. Sehingga hewan ini sangat jarang ditemukan oleh kebanyakan manusia.

 

Contoh Hewan pada Klasifikasi Reptil (Reptile)

Reptil merupakan jenis hewan bertulang belakang yang memiliki kulit kering, bersisik, dan pada umumnya bernafas menggunakan paru-paru. Jenis hewan ini hanya merupakan hewan yang berdarah dingin.Karena mereka dapat memanfaatkan suhu lingkungan untuk mengatur suhu tubuhnya.

Ular (Snake)

Ular (Snake)

Ular merupakan jenis reptil yang tidak mempunyai kaki akan tetapi bertubuh panjang. Ular memiliki sisik seperti layaknya kadal. Ular adalah reptili yang sukses berkembang di dunia. Ia dapat hidup pada daerah gunung, hutan, gurun dan lain sebagainya.

 

Bunglon / Chameleon

Bunglon dan Chameleon

Bunglon merupakan hewan yang dapat merubah warna pada kulitnya tetapi tidak sehebat chamaeleon. Biasanya ia merubah warna dari cerah hijau, kuning, atau abu-abu menjadi gelap, kecoklatan atau kehitaman.

 

Kura-kura (Turtle)

Kura-kura (Turtle)

Kura-kura merupakan hewan yang memiliki rumah atau batok keras dan kaku pada bagian tubuhnya. Batok kura-kura ini terdiri dari bagian atas yang menupi dan bagian bawah. Pada lapisan luar berupa sisik besar keras dan bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang.

 

Buaya (Crocodile)

Buaya (Crocodile)

Buaya merupakan penghuni pada habiatat air tawar yang terdiri dari sungai, rawa, danau dan lahan basah lainnya. Buaya ini juga bisa dikatakan hewan purba yang memiliki sedikit perubahan pada bentuknya.

 

Tokek (Gecko)

Tokek (Gecko)

Tokek merupakan sebutan dari cicak besar. Biasanya tokek ini merayap di bagian dinding-dinding rumah. Dan dalam islam, bagi sesiapa yang membunuhnya (cicak maupun tokek) maka akan mendapatkan pahala, insyaallah.

 

Contoh Hewan pada Klasifikasi Burung (Aves)

Aves merupakan hewan yang terdiri dari berbagai macam burung memiliki sayap, sehingga memungkinkan untuk terbang. Tetapi tak semua burung dapat terbang, seperti contohnya pinguin. Pinguin hanya menggunakan sayapnya untuk menjaga suhu tubuhnya.

Pinguin (Penguin)

Pinguin (Penguin)

Pinguin merupakan hewan dengan jenis burung yang tidak bisa terbang. Pinguin pada umumnya hidup di belahan bumi bagian selatan. Tetapi ada juga yang hidup di daerah tropis yang biasanya menyeberangi garis katulistiwa untuk mencari makan.

 

Burung Beo (Parrot)

Burung Beo (Parrot)

Beo merupakan jenis burung yang bisa ditemukan di Sri Lanka, India, Himalaya ketimur hingga Filipina, Jawa dan kepulauan kecil. Karena kepopuleran burung ini dapat menirukan suara pada manusia, banyak pulalah yang memeliharanya.

 

Burung Elang (Eagle)

Burung Elang (Eagle)

Elang merupakan seekor burung pemangsa yang sangat ganas. Burung ini hampir terdapat di seluruh wilayah di Indonesia. Elang ini merujuk pada burung pemangsa yang memiliki ukuran besar. Sementara yang lebih kecil biasa disebut Elang Alap

 

Bebek (Duck)

Bebek (Duck) 

Bebek pada umumnya merupakan burung akuatik. Sebagian besar ada yang berukuran lebih kecil dari pada angsa. Bebek ini dapat kita temukan pada perairan air tawar. Beberapa jenis bebek juga dapat melakukan perkawinan silang, tetapi akan menghasilkan keturunan yang tidak akan bisa memiliki keturunan.

 

Merpati (Dove)

Merpati (Dove)

Merpati merupakan burung yang memiliki badan gempal dan berleher pendek. Makanan yang akan mereka cerna adalah biji benih, buah-buahan, dan tumbuh-tumbuhan. Brung ini banyak ditemukan di Indomalaya dan Ekozon Australasia.

 

Contoh Hewan pada Klasifikasi Mamah Biak (Mammalian)

Pada kelas mamalia, jenis hewan ini memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya. Dan pada umumnya mamalia tertutup oleh bulu yang memiliki fungsi untuk memperlambat pertukaran panas pada lingkungan di sekitarnya.

Kangguru (Kangaroo)

Kangguru (Kangaroo)

Kanguru merupakan hewan mamalia yang memiliki kantung pada bagian tubuh depannya. Kantung ini biasanya digunakan untuk membawa anaknya. Kanguru nanyak ditemukan di Australia.

 

Platipus (Platypus)

Platipus (Platypus)

Platipus merupakan hewan yang bertelur akan tetapi juga menyusui anak-anaknya. Platipus juga sering dikenal duck-billed, dikarenakan bentuk paruhnya yang menyerupai bebek.

 

Moncong (Muzzle)

Moncong (Muzzle)

Moncong dianggap sebagai titik hewan terlemah, Moncong diinervasi oleh salah satu dari 12 pasang saraf kranial. Beberapa hewan jenis ini memiliki moncong yang sangat peka akan panggilan babi piaraan.

 

Kelelawar (Bat)

Kelelawar (Bat)

Kelelawar merupan hewan yang hidup pada malam hari. Karena pada pagi sampai siang hari, suara akan sangat berisik sehingga mengganggu pantulan suara yang ia suarakan. Kaki dan tangannya berkembang menjadi sayap yang saling menyambung.

 

Harimau (Tiger)

Harimau (Tiger)

Harimau merupakan hewan jenis kucing terbesar dari spesiesnya. Harimau biasanya akan memburu mangsa yang agak besar. Namun harimau akan memburu hewan kecil seperti landak jikalau memang tidak ada hewan besar disana.

_________________________________________

Penutup

Oke terima kasih telah mengunjungi blog kami. Semoga apa yang kami sampaikan dapat memberikan contoh yang sesuai. Jika ada kekurangan maupun kesalahan, silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah ini.Cukup sekian yang dapat kami sampaikan. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih.

_________________________________________

25 Contoh Hewan Vertebrata Full Gambar + Wallpaper HD

 

Mari mendalami Hewan Vertebrata lebih dalam lagi :

  • 1. Pengertian 5 Klasifikasi serta Peranan Hewan Vertebrata. Klik Disini
  • 2. 5 Sistem Pencernaan Hewan Vertebrata Beserta Susunannya. Klik Disini
  • 3. Sedang dikunjungi

 

Jangan Lupa Juga Untuk Mengunjungi Channel YouTube Kami :

Satu pemikiran pada “25 Contoh Hewan Vertebrata Full Gambar + Wallpaper HD”

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: