Contoh Slip Gaji Karyawan Pengertian Lengkap | Peluang Kerja Cari Duit

CONTOH SLIP GAJI – Sangat tidak jarang jikalau para karyawan membutuhkan slip gaji sebagai kebutuhan pribadi. Slip gaji inilah salah satu dokumen penting perusahaan yang dicetak untuk diberikan kepada karyawan. Oke, selamat membaca.

Contoh Slip Gaji Karyawan


Slip Gaji

Slip Gaji

Slip gaji merupakan dokumen bukti tertulis, otentik atau pun resmi yang digunakan sebagai alat untuk memberikan gaji dari perusahaan kepada para pekerja atau pegawai. Slip gaji mengandung beberapa bagian nominal tertentu yang diberikan baik secara terperinci maupun hanya sekedar rangkumannya saja.

Nominal tertentu pada gaji bersih seorang pegawai seperti adanya gaji pokok, penambahan gaji, pengurangan gaji serta juga nilai pinjam pegawai dengan perusahaan jika pun ada. Perusahaan yang menganut metode gaji gross up maupun netto, slip gaji akan tetap diberikan karena merupakan dokumen penting bagi perusahaan serta para karyawan.

Jika anda seorang pegawai atas perusahaan, pasti gajian merupakan suatu proses yang paling anda tunggu-tunggu bukan? Tentu hal tersebut akan memberikan kebahagiaan anda atas penerimaan gaji yang telah perusahaan berikan.

Baca Juga: 3000 Gambar Wallpaper Foto DP BBM Doodle Doraemon Keren dan Lucu

 

Manfaat Slip Gaji

Manfaat Slip Gaji

Manfaat pada slip gaji terbagi menjadi dua kelompok, yaitu pada perusahaan dan juga pada para karyawan. Seperti yang sebelumnya kami jelaskan bahwa slip gaji merupakan dokumen berharga bagi perusahaan maupun pribadi para karyawan. Berikut manfaat dari slip Gaji :

Bagi Perusahaan

  1. Manfaat pertama slip gaji bagi perusahaan memiliki fungsi sebagai dokumen bukti resmi dalam melakukan kewajiban. Kewajiban perusahaan yang bersangkut paut dengan para karyawan atas sejumlah nominal tertentu yang menjadi hak milik para karyawan.
  2. Tidak hanya sebagai bukti resmi, slip gaji juga digunakan sebagai dokumentasi atas catatan pengeluaran gaji kepada para karyawan. Catatan pengeluaran dana perusahaan di dokumentasikan setiap kali adanya kebutuhan perusahaan maupun kepada para karyawan.

Bagi Karyawan

  1. Manfaat slip gaji yang pertama bagi karyawan adalah sebagai bukti resmi serta kejelasan atas proses penggajian bagi para pegawai peusahaan.
  2. Slip gaji juga berfungsi sebagai bukti sah informasi penyetoran pajak maupun juga pada potongan pajak penghasilan.
  3. Juga merupakan bahan rujukan atas permohonan para karyawan sebagai bukti otentik bagi penyelenggara pinjaman kredit atau pembiayaan perusahaan.

Baca Juga: 3000 Gambar Wallpaper, Foto, DP BBM Keren yang Unik, Lucu, dan Menarik

 

Format Slip Gaji

Format Slip Gaji

Format dalam setiap perusahaan memiliki komponen-komponen yang berbeda-beda. Semua komponen tersebut tergantung dari bagaimana perusahaan memberikannya. Berikut merupakan beberapa komponen format umum yang biasa diberikan oleh perusahaan dalam slip gaji karyawan :

Nama Perusahaan

Pada bagian paling atas slip gaji berisikan nama atas perusahaan. Pada bagian ini merupakan penegasan bahwa slip gaji adalah dokumen resmi dan penting yang dikeluarkan perusahaan kepada para karyawan. Oleh karenanya, para karyawan dapat mengetahui perusahaan apa yang mengeluarkan slip gaji tersebut. Hal ini juga memastikan bahwa perusahaan tersebutlah yang memberikan kepada para pegawainya.

Kerahasiaan Gaji

Di bawah nama perusahaan terdapat penjelasan mengenai kerahasiaan slip gaji tersebut. Kerahasiaan gaji merupakan hal yang harus di perhatikan oleh para karyawan yang telah mendapatkan upah dari perusahaan. Maksud dari kerahasiaan tersebut adalah bahwa slip gaji itu hanya anda saja yang boleh membaca dan mengetahuinya. Disebut juga dengan surat Confidential (rahasia) atau Private (pribadi).

Tanggal Pembayaran, Sub Departemen dan Data Karyawan

Selanjutnya tertuliskan juga kapan proses tanggal pembayaran, sub departemen serta data singkat karyawan tersebut. Pada umumnya data karyawan terdiri dari nama pegawai, nomor, serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Penghasilan dan Potongan Gaji

Penghasilan merupakan catatan besarnya pemberian gaji oleh perusahaan kepada para karyawan. Penghasilan tersebut berisikan gaji pokok, tunjangan, dan insentif. Lalu pada potongan gaji, umumnya terdiri dari iuran Jamsostek, Saving Plan (rencana penghematan karyawan), iuran koperasi perusahaan, dan masih banyak iuran-iuran lainnya.

Data Lengkap Pembayaran Gaji

Pada bagian akhir slip gaji terdapat data lengkap mengenai pembayaran atas upah perusahaan kepada karyawan. Data tersebut umumnya berisikan penghasilan sebelun dan sesudah dipotongnya pajak, pajak bulanan, jumlah uang bersih yang anda terima, serta nama bank yang melakukan transaksi pembayaran ke rekening anda.

Baca Juga: Pengertian Renang, Sejarah, Manfaat, Materi, Teknik Dasar, Macam-macam Gaya, dan Resiko

 

Komponen Slip Gaji

Komponen Slip Gaji

Komponen slip gaji ini tercantum pada format “Penghasilan dan Potongan Slip Gaji”. Komponen tersebut terdiri dari gaji pokok, tunjangan, potongan, lembur, serta komisi atau bonus tahunan yang diberikan oleh perusahaan. Beriku merupakan penjelasan dari komponen format “Penghasilan dan Potongan Slip Gaji” :

Gaji Pokok

Gaji pokok ini merupakan gaji dasar yang telah ditentukan oleh perusahaan atas suatu  jabatan atau pekerjaan yang diberikan kepada para karyawan. Besar gaji tersebut diberikan berdasarkan jabatan yang di emban oleh karyawan tersebut. Dan juga dapat diberikan berdasarkan keuntungan yang diberikan karyawan kepada perusahaan.

Tunjangan

Tunjangan merupakan pelengkap dari gaji pokok yang memiliki fungsi bersifat insetif ataupun sosial. Jenis-jenis tunjangan yiitu seperti adanya tunjangan jabatan, transportasi, serta tunjangan makan. Ada juga pembagian dalam tunjangan yaitu tetap dan tidak tetap.

Uang Makan

Tunjangan uang makan ini bukan merupakan tunjangan umum sehingga hanya beberapa perusahaan tertentu yang menyediakannya. Tunjangan uang makan biasanya dapat diberikan dalam bentuk uang atau dalam wujud fasilitan makan siang.

Transportasi

Tunjangan ini juga tidak selalu ada di setiap perusahaan. Tunjangan ini pada umumnya diberikan kepada karyawan dari berapa harinya ia hadir melakukan pekerjaannya. Dan besar kecilnya tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan.

Potongan

Potongan gaji diberikan kepada karyawan terkait hal-hal yang bersifat umum pada para pegawai. Seperti pada potongan pinjaman, pajak penghasilan, premi asuransi BPJS, premi asuransi hari tua, serta iuran keanggotaan BPJS.

Pajak PPh 21

Pada pajak PPh 21 merupakan potongan pajak yang dikenakan oleh para karyawan yang memiliki gaji di atas 4,5 juta per bulan.Bila perushaan tempat anda bekerja memberikan tunjangan pajak (tax allowance), maka gaji yang akan anda terima lebih besar dan pembayaran pajak dapat lebih kecil.

Juga sebaliknya jika perusahaan anda tidak memberikan tunjangan pajak, dapat terjadinya take home pay anda lebih kecil dari pada potongan pajak.

Iuran JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan

Setiap tenaga keraj di negara Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Akan tetapi dalam iuran BPJS Ketenagakerjaan JHT mencapai 5.7% dari seluruh total gaji si pekerja. Perusahaan akan membayar 3.7% dari seluruh total iuran JHT, dan anda hanya akan menanggung 2% dari slip gaji anda.

Lembur

Lembur merupakan waktu yang digunakan para karyawan sebagai penambah gaji atas jasa yang pegawai tersebut berikan kepada perusahaan. Bisa dikatakan bahwa lembur merupakan melebihkan jam kerja atas batas waktu yang sebelumnya diberikan oleh perusahaan.

Batasan waktu kerja sekitar 7 jam dalam sehari dan 40 jam dalam seminggu. Bagi karyawan yang telah lembur, hal tersebut merupakan suatu penghargaan kepada karyawan atas bersedianya lembur demi memajukan perusahaan.

Komisi atau Bonus Tahunan

Komisi ini hampir sama seperti kerja lembur, namun perbedaannya bahwa bonus ini diberikan setiap satu tahun sekali. Komisi diberikan atas performa kerja karyawan yang senantiasa selalu rajin dalam memajukan suatu perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Demokrasi, Sejarah, Macam-macam, Prinsip-prinsip, Ciri-ciri, dan Asas Pokok

 

Format Contoh Slip Gaji

Format slip gaji yang diberikan oleh perusahaan memiliki dua bentuk pembuatan. Pembutan yang pertama yaitu berbentuk Slip Gaji Excel dan yang kedua berbentuk Slip Gaji Word. berikut contoh dari kedua bentuk Slip gaji tersebut :

Contoh Slip Gaji Excel

Pada contoh di bawah ini merupakan salah satu bentuk slip gaji yang dibuat dalam bentuk excel. Pada gambar tersebut merupakan salah satu bentuk dari contoh slip gaji yang diberikan pada guru-guru di sekolah.

Contoh Slip Gaji Excel
Contoh Slip Gaji Excel

Contoh Slip Gaji Word

Pada contoh di bawah ini merupakan salah satu bentuk dari slip gaji word. Terlihat dari cara penulisannya yang sangat simple. Dan gambar tersebut merupakan salah satu contoh dari slip gaji yang diberikan kepada karyawan PT.

Contoh Slip Gaji Word
Contoh Slip Gaji Word

 

Contoh Slip Gaji Karyawan

Contoh dalam pemberian slip gaji atas perusahaan kepada para karyawan memiliki komponen serta bentuk yang bermacam-macam. Berikut merupakan beberapa bentuk dari slip gaji yang diberikan kepada para pegawai.

1. Contoh Slip Gaji Perusahaan

Dalam menjalani kehidupan keseharian, tentunya kita membutuhkan adanya dana bantuan untuk keperluan hidup. Bantuan tersebut pastinya sangat tidak jarang bagi seseorang untuk meminjam ke bank terdekat.

Akan tetapi dalam pengajuan peminjaman juga memiliki aturan tertentu yang harus di lakukan. Salah satu persyaratan yang biasa diajukan oleh beberapa orang adalah dengan menggunakan bukti slip gaji. Bukti tersebut digunakan sebagai tanda bahwa orang itu telah memiliki penghasilan dalam suatu pekerjaan.

Contoh Slip Gaji Perusahaan
Contoh Slip Gaji Perusahaan

 

2. Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

Beirkut ini merupakan salah satu contoh slip gaji yang diberikan kepada karyawan. Biasanya slip gaji dengan format ini sering diberikan kepada orang-orang yang memiliki status sebagai keryawan atau pegawai. Dan format di bawah ini merupakan format umum yang biasa dibuat oleh beberapa perusahaan untuk diberikan kepada karyawan atau pegawainya.

Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta
Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

 

3. Contoh Slip Gaji Guru

Gambar di bawah ini merupakan salah satu slip gaji guru yang pastinya di berikan kepada orang-orang yang berprofesi sebagai guru. Dan di bawah ini merupakan bentuk simple dari slip gaji guru. Yang lebih detailnya adalah dengan menggunakan format excel di atas tadi.

Contoh Slip Gaji Guru
Contoh Slip Gaji Guru

 

4. Contoh Slip Gaji Sederhana

Gambar slip gaji di bawah ini merupakan contoh yang sangat sederhana dari pada slip gaji lainnya. Dan juga slip gaji ini dapat djadikan dasar referensi jikalau anda menjadi seorang pendiri perusahaan yang akan memberikan gaji kepada karyawan anda. Slip gaji ini dapat di gunakan sebagai slip gaji swasta maupun non-swasta.

Contoh Slip Gaji Sederhana
Contoh Slip Gaji Sederhana

 

5. Contoh Slip Gaji PNS

Slip gaji merupakan dokumen resmi berisikan seluruh pendapatan atau penghasilan bersih para karyawan/pegawai. Tentunya catatan yang di tulispun juga harus detail dan jelas agar penerima tidak mengkomplain atas pemberian slip gaji tersebut.

Slip gaji ini pada umumnya diberikan kepada PNS dalam kurun waktu setiap satu bulan sekali. Namun juga dapat diberikan dengan jangka waktu yang sebelumnya telah ditetapkan. Bukti slip gaji ini merupakan catatan yang kuat bagi para PNS dalam menerima gaji.

Contoh Slip Gaji PNS
Contoh Slip Gaji PNS

 

6. Contoh Slip Gaji Bulanan

Slip gaji di bawah ini perlu anda berikan kepada karyawan anda setiap satu bulan sekali. Hal ini agar para karyawan anda mengetahui hasil kinerja jerih payahnya saat bekerja di perusahaan anda.

Tak hanya untuk para karyawan, namun juga dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan pembayaran serta kerugian perusahaan maupun karyawan. Hal ini juga sangat penting dalam memajukan pengembangan perusahaan anda.

Contoh Slip Gaji Bulanan
Contoh Slip Gaji Bulanan

 

7. Contoh Slip Gaji Hornorer

Pegawai hornorer merupakan orang yang bekerja dan membantu untuk mengembangkan perusahaan. Hampir sama dengan para karyawan namun keikutsertaannya tidak menetap. Dalam penerimaan honoriumnya juga diberikan pada kurun waktu yang sebelumnya telah disepakati

Contoh Slip Gaji Hornorer
Contoh Slip Gaji Hornorer

 

8. Contoh Slip Gaji Karyawan PT

Pada contoh slip gaji di bawah ini juga merupakan salah satu contoh dari slip gaji karyawan PT. Sebelumnya juga sudah kami berikan salah satu contoh dengan bentuk word.

Contoh Slip Gaji Karyawan PT
Contoh Slip Gaji Karyawan PT

Baca Juga: Hujan Lebat di Magetan Mengakibatkan 2 Orang Hilang Terseret Arus

*NB : Untuk mendalami pengetahuan serta wawasan dalam kehidupan, anda bisa pilih menu “Informasi” diatas.

_______________________________________

Penutup

Sekian saja yang dapat kami sampaikan. Jika pun ada kekurangan maupun kesalahan dalam artikel kami, kami berharap anda dapat memberikan saran agar kami dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada artikel kami.

Jika artikel kami bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan ke teman atau saudara anda agar megetahui wawasan ini. Kami ucapkan terima kasih telah mengunjungi artikel kami. Semoga bermanfaat, dan sekali lagi Terima Kasih.

_______________________________________

Contoh Slip Gaji Karyawan Pengertian Lengkap | Peluang Kerja Cari Duit

 

Jangan Lupa Juga Untuk Mengunjungi Channel YouTube Kami

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: