4 Tipe Kepribadian/Karakter Manusia dan 9 Cara Untuk Mengetahuinya

EMPAT TIPE KEPRIBADIAN/KARAKTER MANUSIA – Pasti anda ingin mengetahui kepribadian anda serta orang lain bukan? Kepribadian seperti apa sih yang ada pada diri anda. Yuk langsung saja kita membaca. Selamat membaca … !!

4 Tipe KepribadianKarakter Manusia dan 9 Cara Untuk Mengetahuinya


Mengenal Tipe Kepribadian/Karakter Manusia

Mengenal Karakter Manusia

Mengenal suatu tipe kepribadian/karakter manusia merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk mempererat tali hubungan persaudaraan kita. Bahkan juga hal ini dapat mempermudah kehidupan anda dalam melamar suatu pekerjaan dalam perusahaan. Seperti halnya tes psikologi, interview dan lain sebagainya.

Dalam dunia psikologi, terdapat banyak teori yang membahas tentang karakter manusia. Salah satu teori yang sangat populer saat ini adalah teori 16 kepribadian, dikemukan oleh Carl Jung. Akan tetapi, jauh sebelum itu terdapat empat temperamen teori yang ditemukan sejak dahulu kala.

Tabib Yunani Hippocrates

Tabib Yunani Hippocrates
Tabib Yunani : Hippocrates

Apakah anda tahu bahwa kepribadian manusia itu dapat dibedakan berdasarkan temperamennya? Ini merupakan penemuan pertama oleh tabib Yunani Hippocrates atas empat temperamen yang digabungkan menjadi bagian dari teori pengobatannya.

Tabib Yunani Hippocrates tersebut mengemukan bahwa ada empat cairan di dalam tubuh manusia. Empat cairan tersebut dapat membedakan karakter dan juga kebiasaan seseorang. Tipologi ini merupakan bagian dari beberapa konsep medis kuno yang biasa disebut dengan humorism.

Humorism bukanlah suatu lelucon, namun pada pembahasan kali ini mengacu pada cairan tubuh. Setiap manusia di dunia memiliki cairan tubuh yang berbeda-beda. Dipercaya bahwa bagia cairan tubuh paling unggullah yang akan mempengaruhi temperamen serta Psikologi seseorang.

Akan tetapi, di samping semua itu ada  beberapa manusia yang memiliki karakter campuran. Seseorang yang memiliki karakter campuran tersebut tidak dapat direpresentasikan hanya dengan satu karakter. Sehingga orang tersebut diidentifikasikan memiliki banyak karakter dalam dirinya.

Apa Itu Temperamen?

Kesan pertama yang dapat dilihat dari karakter seseorang pasti melihat dari sisi apa yang dilakukan orang tersebut. Dimana terlihat perilaku yang terciri dari temperamen luar yang merefleksi keadaan mentalnya.

Seperti misalnya ketika kita menyebutkan orang tersebut adalah tipe pemimpin, yang sering berinisiatif memimpin suatu grup. Akan tetapi hal tersebut tidaklah menjadi patokan utama dalam menilai karakter seseorang.

Untuk menyelesaikan teka-teki mengenai kepribadian seseorang tidaklah mudah. Namun, hal kecil seperti memimpin suatu grup dapat menjadi pendekatan dalam memahami kepribadian dan warna karakter seseorang.

Nah, dari semua pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa temperamen merupakan dasar dari warna pada karakter seseorang. Yang di ambil dari peran sebagai perwujudan maupun representasi setiap individu dalam menjalani kehidupan. Seperti ketika bertemu dengan orang lain, anda dapat merasakan ‘mood’ yang muncul dari orang tersebut.

Baca Juga: Pengertian Demokrasi, Sejarah, Macam-macam, Prinsip-prinsip, Ciri-ciri, dan Asas Pokok

 

Apa Sajakah Empat Ciri Umum Karakter Pada Manusia?

Apa Sajakah Empat Ciri Umum Karakter Pada Manusia

Ada teori yang berpendapat bahwa kriteria manusia dibagi menjadi empat bagian. Pertama adalah bagian fisik, lalu yang kedua ada tubuh eterik yang biasa kita kenal dengan jiwa. Semasa hidup, jiwa akan terus menyatu dengan fisik. Hingga meninggalnya orang tersebut, maka jiwa akan terpisah dari fisik orang tersebut.

Yang ketiga adalah tubuh astral, dimana bagian ini merupakan tempat hadirnya naluri, gairah, keinginan, serta perubahan pada pikiran. Lalu yang keempat adalah the bearer of the human ego yang artinya pembawa ego manusia. bagian inilah yang membuat kita dapat memiliki rasa penasaran dan kuasa atas kesadaran diri kita, perasaan bahkan juga motivasi.

Pada temperamen karakter manusia terbagi menjadi empat bagian yang berbeda-beda. Nama dari keempat karakter tersebut berupa Sanguinis (populer), Koleris (kuat), Melakonis (sempurna), dan Plegmatis (cinta damai). Berikut pembahasan lengkapnya :

1. Karakter SANGUINIS (Populer)

Sanguinis (Populer)

Darah termasuk cairan tubuh dan tubuh astral merupakan simbol yang menekankan pada tipe Sanguinis ini. Pada bagian tubuh astral akan direfleksikan pada sistem saraf agar dapat memegang kendali. Sistem saraf ini dapat menyerap beberapa ide-ide, visualisasi atau gambar dan juga sensasi.

Aktivitas pada sistem saraf ini tertahan oleh sirkulasi darah. Jikalau aktivitas sistem saraf tersebut tidak tertahan akan membuat mental image menjadi liar. Hal tersebut akan membawa pada halusinasi dan ilusi. Inilah yang menjadi batasan para Sanguinis.

Ciri pada orang-orang Sanguinis ini memiliki karakter yang selalu optimis, riang, antusias, serta memiliki semangat tinggi dalam menjalani kehidupan. Ciri ini juga sering menarik perhatian atau membutuhkan orang-orang untuk memerhatikannya.

Tak hanya itu, mereka juga suka/gemar mengambil risiko atas apa yang akan ia perbuat. Oleh karena itu jangan heran jika orang berkarakter Sanguinis ini memiliki hobi berpetualang. Juga suka sekali mencari kesenangan, serta tantangan maupun hal baru karena mereka mudah sekali merasa bosan.

Sanguinis merupakan tipe yang tidak mampu menopang ketertarikan cukup lama. Ia selalu ingin membuat pengalaman, halbaru yang lebih membuatnya terkesan. Hal ini membuat mereka sangat mudah untuk berubah pikiran dan juga dalam minatnya.

Tipe ini sangat cocok untuk menjadi seorang entertainer yaitu seorang penghibur yang suka menjadi sorotan penonton. Mengharuskan mereka untuk selalu tampil antusias dengan tidak peduli atas apa yang terjadi.

Mereka suka menyerap ide-ide sehingga pekerjaan dalam kreativitas sangat cocok untuk mereka. Seperti halnya menjadi seorang yang bekerja pada bidang fashion, kuliner, travelling, dan marketing.

Dalam bidang marketing, tipe ini sangat menguntungkan karena dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik. Mereka dengan mudah membuat strategi-strategi tertentu untuk menjual produk serta kemajuan perusahaan. Akan tetapi tipe ini bisa dikatakan sangat percaya diri dalam mengambil resiko.

Tipe Kepribadian Emosional

  • Dalam tipe emosi, Sanguinis memiliki pribadi yang menarik, suka bicara, suka tampil di depan umum.
  • Mereka juga mampu menghidupkan pesta sehingga pesta menjadi semakin meriah.
  • Memiliki rasa humor tinggi, ingatan kuat terhadap warna, emosional dan demonstratif, dan juga ekspresi dalam mengutarakan maksud dari apa yang sedang ia lakukan.
  • Memiliki hati periang dan dengan penuh semangat, memiliki rasa percaya sangat tinggi, berhati tulus, akan tetapi sedikit tampak ke kanak-kanakan.

Tipe Kepribadian Menjadi Orang Tua

  • Dalam menjadi orang tua, tipe ini sangat banyak digemari oleh anak-anak, mampu membuat suasana rumah menjadi lebih menyenangkan, membuat lelucon secara spontan, merubah bencana menjadi humor.
  • Hal tersebut akan membuat suasana rumah menjadi sangat menyenangkan dengan tipe orang Sanguinis.

Tipe Kepribadian Menjadi Seorang Pekerja

  • Tipe ini memiliki motif sangat suka menjadi sukarelawan dalam menerima dan menjalankan tugas.
  • Mereka juga suka memikirkan kegiatan baru yang tentunya menyenangkan, kreatif dan inovatif. Selalu memikirkan bagaimanan membuat memukau dan tampak hebat di permukaan.
  • Selain itu juga memiliki energi dan antusiasme, memiliki cara cemerlang, mampu mengilhami orang lain dan ikut serta, dan juga memberikan semangat keada orang lain untuk bekerja.

Tipe Kepribadian Menjadi Seorang Teman

  • Tentunya tipe Sanguinis ini mudah dalam menjalin pertemanan dengan siapapun, ia mencintai semua orang disekitarnya, suka dipuji dan mendapat perhatian, tampak menyenangkan, bukan seorang pendendam.
  • Jika ia salah, dengan cepat ia meminta maaf, mencegah situasi yang membosankan serta menyukai kegiatan yang menyenangkan dan spontan.

A. KELEBIHAN :

  1. Antusias, ekspresi, penuh dengan rasa ingin tahu.
  2. Mudah berubah (banyak kegiatan/keinginan)
  3. Cekatan dalam mengambil inisiatif, menyukai hal-hal spontan.
  4. Berhati tulus, kekanak-kanakan.
  5. Punya rasa optimis yang tinggi dan juga persuasif.
  6. Dapat menginspirasi orang.

B. KEKURANGAN :

  1. Kurang fokus, kurang konsentrasi, pelupa.
  2. Mudah ikut-ikutan, mudah dikendalikan keadaan sekitar.
  3. Cukup egois, bukan pendengar yang baik.
  4. lebih banyak bicara dari pada bekerja.
  5. sering mengambil permasalahan orang lain (ikut campur)
  6. Konsentrasi dalam masalah uang cenderung konsumtif

Baca Juga: Hujan Lebat di Magetan Mengakibatkan 2 Orang Hilang Terseret Arus

 

2. Karakter KOLERIS (Kuat)

Koleris (Kuat)

Pada tipe Kolerif didominasikan dari empedu kuning dan juga egonya. Tipe Koleris ini sangat agresif karena ego yang memegang kendali. Tipe ini harus mendapatkan apa yang ia inginkan dengan caranya. Orang-orang dengan tipe ini merupakan tipe yang sangat berorientasi pada suatu target, analitis, dan logis. Bisa dikatakan bertipe seorang pemimpin.

Karakter orang bertipe logis juga tidak menyukai hal-hal yang mengandung basa-basi. Ia lebih suka dengan suatu topik yang pasti dan langsung menuju pembahasan. Tipe Koleris ini lebih suka menghabiskan waktu dengan suatu yang lebih bermanfaat.

Intinya tipe ini lebih menyukai percakapan yang jenis dan tujuannya sangat jelas. Oleh karena itu, mereka lebh suka berkumpul bersama orang-orang yang memiliki profesi dan kegemaran yang sama.

Biasanya pekerjaan yang lebih cocok untuk tipe Koleris yaitu pada bidang manajemen, teknologi, statistik, teknik, serta programing. Karena mereka sangat ahli dalam bertahan untuk bekerja sendirian dan sangat berorientasi pada target.

Tipe Koleris sangat suka mengatur, suka petualangan, suka tantangan baru, memiliki ketegasan dalam menentukan keputusan, tidak mudah menyerah, serta tidak mudah untuk mengalah.

Bisa dikatakan sifat Koleris merupkan tipe yang paling diidam-idamkan oleh orang lain karena terlihat sangat keren dan kuat di luar. Namun tak jauh dari semua itu, sifat kepemimpinannya membuat ia cenderung jarang untuk bersenang-senang.

Tipe Kepribadian Emosional

  • Memiliki kemampuan dalam kepemimpinan, dinamis, dan aktif.S
  • Sangat memerlukan perubahan, dan selalu menginginkan perubahan atas kesalahan.
  • Memiliki kemauan yang kuat dan tegas, tidak emosional dalam bertindak, tidak mudah patah semangat.
  • Memiliki jiwa yang bebas dan mandiri, memiliki keyakinan yang teguh, bisa menjalankan kegiatan apa saja yang ia ingin laksanakan/lakukan.

Tipe Kepribadian Menjadi Orang Tua

  • Kuat akan memberikan kepemimpinan yang kuat di dalam keluarga.
  • Memiliki tujuan yang jelas, mampu memberikan motivasi pada anggota keluarga.
  • Mengetahui pilihan atau jawaban yang tepat, mengorganisasi rumah tangga dengan baik.

Tipe Kepribadian Menjadi Seorang Pekerja

  • Tipe Koleris cenderung berorientasi pada suatu target, melihat suatu gambaran secara menyeluruh, terorganisasi dengan baik.
  • Mencari pemecahan praktis yang efisien, bergerak cepat dalam bertindak.
  • Mendelegasikan pekerjaan dengan penuh tanggungjawab, menekankan pada hasil, membuat target tujuan, merangsang kegiatan, berkembang karena saingan dalam pekerjaan, selalu ingin mendapatkan hasil yang baik.

Tipe Kepribadian Menjadi Seorang Teman

  • Tipe koleris tidak memiliki banyak teman.
  • Mau bekerja untuk kegiatan, mau menjadi pemimpin organisasi dan mampu mengorganisasikan orang dengan baik.
  • Biasanya selalu benar, selalu unggul, selalu bisa diandalkan.

A. KELEBIHAN :

  1. Berani, sistematis, mempunyai strategi dan berani ambil resiko
  2. Bergerak cepat, mampu menghadapi tantangan.
  3. Suka memimpin atau mengorganisir.
  4. Tidak begitu perlu bersama teman, fokus pada produktivitas yang bagus.
  5. Memiliki visi kedepan dengan pedoman “hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin”
  6. Mandiri, Rasional.

B. KEKURANGAN :

  1. Tidak sabaran, cepat marah, menyukai kontroversi/pertengkaran.
  2. Mudah panik, memudahkan segala sesuatu.
  3. Bukan orang yang mudah untuk di ajak bersantai (Workaholics)
  4. Sulit untuk mengaku kesalahannya juga dalam meminta maaf.
  5. Kurang dapat merasakan perasaan orang lain, memiliki rasa kasihan yang minim, karena perasaan mereka kurang bermain.

Baca Juga: Tempat Keajaiban Dunia Bagi Kamu yang Suka Berwisata

 

3. Karakter MELANKOLIS (Sempurna)

Melankolis (Sempurna)

Bentuk dari tipe Melankolis diidentifikasikan dari pada empedu hitam dan tubuh fisik. Pada tipe Melankolis merasa bahwa dirinya bukanlah tuan akan tubuhnya dan selalu terkait dengan rasa sakit. Tubuhnya digerakkan oleh tiga bagian tubuh lain sehingga ia kehilangan akan keinginan untuk bertindak sesuka hati.

Perumpamaan pada tubuh fisik hanyalah menjadi ‘penggerak saja’, sementara yang menggerakkan adalah ketiga bagian tersebut. Padahal seharusnya tubuh fisik hanya menjadi instrumen tertinggi, karena tanpa adanya fisik ketiga bagian tersebut tidak akan ada.

Dan juga pada tipe Melankolis ini, ia sering berkorban demi orang lain. Tipe ini dikatakan cenderung lebih sensitif, penyayang, suka berada dibalik layar, serta juga sebagai seorang pemikir. Bisa dibilang tipe ini merupakan sebagai penggerak dalam memikirkan cara untuk menyelesaikan masalah.

Tipe ini diibaratkan harus menjadi penggerak dan memberikan kesempatan kepada bagian tubuh lainnya. Tipe ini sangat kreatif karena mudah untuk berfikir dari berbagai sudut pandang. Memikirkan bagian tubuh lainnya, membuat ia dapat melihat dari berbagai sudut pandang.

Karena tipe ini sangat ingin selalu merasakan kepuasan pada setiap bagian, ia cenderung sangat perfeksionis dan rendah diri. Sulit baginya untuk melupakan rasa sakit yang telah berlalu di masa lalu. Bahkan juga mudah larut dalam pikiran-pikiran negatifnya. Ia merasa tidak memiliki kendali hingga kadang membuatnya terombang-ambing.

Tipe ini cenderung dengan sikapnya yang rapi , teratur, sangat terencana, serta mampu mempertimbangkan segala sesuatu yang ada. Jika dilihat secara fisik, tipe ini akan terlihat tampak rapi, baju mulus, sepatu bersih, barang bawaan tertata rapi, buku tertata rapi, dan juga memiliki tulisan yang mudah untuk dibaca.

Secara akademis, tipe ini tergolong pandai dan cerdas. Ia suka untuk mengontrol semuanya sendiri, tidak mau kalah, cara berbicaranya dingin, sesuai aturan atau baku, dan juga suka mengingatkan orang lain jika tidak sesuai.

Tipe Kepribadian Emosional

  • Tipe ini memiliki pemikiran yang agak rumit, seorang analitik atau suka menganalisis, serius dan tekun, dan juga cenderung cerdas dan jenius.
  • Memiliki bakat dan tingkat kreatifitas tinggi, artistik dalam seni maupun musik, filosofi dan puitis.
  • Ia juga suka menghargai orang lain, rela berkorban, penuh dengan kesadaran, juga memiliki idealisme tinggi (idealis).

Tipe Kepribadian Menjadi Orang Tua

  • Orang ini menerapkan standar yang tinggi, menginginkan segala sesuatu berjalan dengan semestinya, menjaga rumah selalu rapi, merapikan barang-barang anak, berkorban demi kepentingan orang lain.
  • Ia juga mampu mendorong bakat anak-anak, Selalu mempersiapkan segalanya serta memprediksi suatu hal yang mungkin akan terjadi.

Tipe Kepribadian Menjadi Seorang Pekerja

  • Seorang Melankolis sempurna akan berorientasi terhadap jadwal, memiliki standar pencapaian yang tinggi, memahami hal-hal kecil, gigih dan cermat.
  • Dalam oraganisasi ia juga sangat tertib dan terorganisir, tertaur dan rapi, ekonomis, memapu melihat potensial masalah yang terjadi.
  • Idenya sangat kreatif dalam memecahkan suatu masalah, menyelesaikan apa yang telah ia mulai, suka bentuk-bentuk grafik, diagram, daftar, serta simbol-simbol kerapian yang terstruktur.

Tipe Kepribadian Menjadi Seorang Teman

  • Dalam pertemana ia sangat berhati-hati dalam memilih seorang teman, mencari teman hidup yang ideal baginya.
  • Mereka ini sangat puas walau berperan sebagai latar belakang, menghindari perhatian publik, setia, dan berbakti.
  • Suka dan mau untuk mendengarkan keluhan orang lain, dapat memberikan masukan dan memecahkan masalah, sangat perhatian, oenuh belas kasih.

A. KELEBIHAN :

  1. Analisis, kreatif, penuh ide-ide.
  2. Romantis, pemikir, sensitif.
  3. Artistik dan musikal.
  4. Suka membuat perincian, hemat, teratur, tertib.
  5. Suka mendengarkan keluhan orang lain, setia, sangat memperhatikan orang lain.
  6. Punya standar yang tinggi, menuntaskan tugas sampai selesai.
  7. Kreatif dalam mencari solusi masalah.
  8. Berhati-hati dalam memilih kawan.

B. KEKURANGAN :

  1. Mudah murung dan tertekan, karena cenderung meilhat masalah dari sisi negatif.
  2. Cukup pendendam dan suka mengingat kenegatifan.
  3. Punya rasa curiga yang berlebih dan tekanan pada situasi yang tidak sempurna.
  4. Tukang kritik, akan tetapi sangat sensitif jika ada kritik balik.
  5. Sulit untuk dibuat senag dan sulit bersosialisasi.
  6. Terlalu banyak membuang waktu untuk merencanakan dan menganalisa.
  7. Mudah diukusai perasaan.

Baca Juga: 9 Kelakuan “Kids Jaman Now” 2017 yang WAJIB di Contoh

 

4. Karakter PLEGMATIS (Cinta Damai)

Plegmatis (Cinta Damai)

Lendir dan tubuh eterik merupakan simbol cairan yang ada pada tipe Plegmatis ini. Tipe ini dikatakan lebih fokus pada apa yang terjadi dalam dirinya, sehingga pada lingkungan sekitar, ia kurang memperhatikannya. Tidak heran jika tipe Plegmatis ini menyukai kedamaian.

Tentunya dari kedamaian tersebut, tak heran juga jikalau mereka menyukai akan hubungan keharmonisan serta keakraban. Tipe orang ini sering menghindari konflik yang terjadi sehingga hal ini membuat mereka menjadi seorang pasangan yang penuh cinta dan setia.

Namun dengan seperti itu membuat dirinya tidak terlalu fokus akan aktivitas diluar karena terlalu fokus dengan tubuh eteriknya. Sehingga pada kehidupan sosial, ia cenderung menjadi seorang pendiam. Hal ini membuatnya menjadi kurang berorientasi pada tujuan hidupnya.

Plegmatis memiliki julukan “Pecinta Damai”, yang dimana ia selalu tenang , cukup diam dan tertutup. akan tetapi tipe Plegmatis tidak menuntut lambat dan kalem. Mereka memiliki bakat diploma dan disukai anak-anak.

Tipe Kepribadian Emosional

  • Memiliki kepribadian yang rendah hati, mudah bergaul dan memiliki bawaan santai, diam, tenang, sabar, hidupnya konsisten, tenang tapi cerdas.
  • Selain itu juga mereka sangat baik hati, mudah bersimpati. cenderung lebih suka menyembunyikan emosinya, selalu bahagiadengan apa yang ia terima, serba guna.

Tipe Kepribadian Menjadi Orang Tua

  • Akan menjadi orang tua yang baik, sering meluangkan waktu untuk anak-anak mereka.
  • Tidak terlalu tergesa-gesa, tidak mudah marah, selalu sabar dengan kondisi apapun, dan bisa mengambil yang baik dari yang buruk.

Tipe Kepribadian Menjadi Seorang Pekerja

  • Sangat memiliki sifat cakap dalambekerja dan mantap.
  • Sering menyetujui keputusan apapun dengan cepat dan sepakat.
  • memiliki kemampuan administratif, sering menjadi penengah masalah, serta mampu menghindari masalah.
  • memiliki hati yang baik meskipun berada di bawah tekanan, menyukai cara-cara yang mudah dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Tipe Kepribadian Menjadi Seorang Teman

  • Orang dengan tipe ini sangat mudah untuk di ajak bergaul, menyenangkan, seorang pendengar yang baik, tidak suka menyinggung perasaan orang.
  • Mereka juga memiliki selera humor yang baik, suka mengawasi orang, memiliki banyak teman, perhatian lebih, punya belas kasihan, menyukai segala kondisi.

A. KELEBIHAN :

  1. Tipe ini lebih cenderung santai, tenang, mudah beradaptasi.
  2. Bijaksana, simpatik, baik hati, dan tidak banyak bicara.
  3. Mereka pendengar yang setia serta penengah masalah yang cukup baik.
  4. Mudah rukun, peduli, senang mengawasi, dan cenderung lebih suka menemukan cara yang mudah.
  5. bagus dalam bidang administrasi, den menginginkan semua terorganisisr (sesuai rencana)
  6. Damai dan mudah diajak rukun.

B. KEKURANGAN :

  1. Akan tetapi mereka cenderung lebih antusias dengan hal baru karena kurang berorientasi pada tujuan.
  2. Pemalu, pendiam, dan sulit untuk memotivasi diri.
  3. Kadang memiliki sifat humor bersifat mengejek.
  4. Suka menghindari konflik dan tanggung jawab.
  5. lebih senang menonton daripada terlibat.
  6. Sangat suka menunda-nunda suatu pekerjaan.
  7. Cepat menyerah bila saat dalam keadaan sulit.

Baca Juga: Tak Sangka Bayi Ini Hidupkan Kembali Ibunya

 

9 Cara Mengetahui Karakter Manusia

9 Cara Mengetahui Karakter Manusia

Kemampuan anda dalam menebak seseorang harus memiliki suatu interaksi untuk dapat menentukan kepribadian orang tersebut. Biasanya akan lebih mudah jikalau ia merupakan teman dekat anda.

Menebak karakter seseorang ini diperlukan untuk dapat menyesuaikan karakter seperti apakah mereka. Hal ini akan memebuat pertemanan atau hubungan sosial menjadi lebih baik. Oleh karena itu, berilah respon yang cukup baik dari karakter pada saudara anda.

Karakter seseorang terpancar dari gerak-gerik atau bahasa tubuhnya, bagaimana ia berbicara dan bertingkah laku. Untuk itu, jika anda ingin menjadi karakter manusia yang baik, anda harus memahami karakter seseorang di dekat anda.

Berikut merupakan beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam mengobservasi karakter seseorang :

1. Tatapan Mata

Tatapan Mata

  • Apabila orang tersebut mempertahankan kontak matanya menuju ke arah anda saat berbincang, menandakan bahwa ia adalah orang yang sgresif dan agak menyeramkan.
  • Namun apabila kontak mata yang ia lakukan 60%, maka ia termasuk orang yang ramah, menyenangkan, baik hati, mudah dipercaya.
  • Kurangnya kontak mata saat sedang berbincang merupakan kurangnya kontrol diri dana kemauan dalam interaksi.

2. Tulisan Tangan

Tulisan Tangan

  • Jika seseorang menulis dengan tulisan berukuran besar, maka cenderung kepada extrovet. Sebaliknya jika ukurannya kecil, cenderung introvet.
  • Jika arah tulisannya miring ke kanan, maka ia menandakan sifat sentimental dan sangat ramah.
  • Apabila tulisannya tegak, ia termasuk cenderung memiliki sifat pragmatis.
  • Dan apabila tulisannya miring ke kiri, maka orang tersebut memiliki sifat instropektif.

3. Berjabat tangan

Berjabat tangan

  • Cara berjabat tangan yang lemah menandakan bahwa ia tidak memiliki sifat rasa percaya diri, namun pemalu dan kurangnya suka tantangan baru.
  • Apabila seseorang tersebut menjabat tangan dengan kuat, menunjukkan karakter yang percaya diri dan ekspresif.

4. Warna Favorit

Warna Favorit

  • Jika seseorang menyukai warna hitam, ia memiliki karakter yang detail dan sensitif.
  • Warna putih cenderung lebih suka terorganisir dan logis.
  • Warna merah memiliki karakter berani.
  • Warna hijau memiliki sifat rasa kasih sayang dan setia.
  • Warna biru mempunyai tipe suka cari perhatian.
  • Warna kuning cenderung lebih ceria, aktif, serta kreatif.

5. Disiplin Waktu

Disiplin Waktu

  • Tipe ini merupakan ciri orang yang memiliki komitmen dan tujuan jelas.
  • Sebaliknya jika kurang disiplin terhadap waktu, maka orang tersebut malas, meremehkan orang lain, dan kurang bisa diberi kepercayaan.

6. Perlakuan Terhadap Pelayan dan Resepsionis

Perlakuan Terhadap Pelayan dan Resepsionis

  • Apabila ia berbicara kepada pelayan dengan gaynya yang menyepelekan, berarti suka merendahkan orang lain, egois.
  • Sebaliknya jika ia berbicara sopan kepada pelayan, maka ia termasuk orang yang sangat ramah, baik hatinya, dan tidak suka membeda-bedakan orang.

7. Rentang Waktu Mengecek Handphone

Rentang Waktu Mengecek Handphone

  • Jika orang tersebut sering melihat HP saat sedang berinteraksi, merupakan tipe  pendengar yang kurang baik.
  • Pendengar yang baik tentunya berfokus pada inti dari komunikasi dan akan meminta izin ketia  ia ingin melihat HP-nya apabila saat keperluan penting.

8. Cara Berkomunikasi

Cara Berkomunikasi

  • Jika ia terlalu banyak menceritakan tentang dirinya sendiri merupakan tipe yang cenderung egois, bersifat keras kepala, dan sulit berbagi.
  • Sedangkan jika ia sedikit dalam berkomunikasi, ia cenderung merupakan tipe orang yang rendah hati, ramah, dan suka berbagi.

9. Cara Makan

Cara Makan

  • Jika orang tersebut makan tanpa berbunyi pada priring maupun mulutnya, dan juga berbicara setelah ia menelan makanannya, ia termasuk orang yang rapi, sensitif terhadap hal kecil, dan terorganisir.
  • Sebalinya denga itu, maka merupakan orang yang tidak rapi dan tidak terlalu peduli dengan sekitar, egois.

Dan tentunya masih banyak lagi tentang cara melihat karakter padamanusia. Oleh karena itu, hal ini sangat berguna dalam menjalin hubungan sosial kita.

Baca Juga: 10 Kata-kata dan Video Atas Perjuangan Seorang Ayah

*NB : Untuk mendalami pengetahuan serta wawasan dalam kehidupan, anda bisa pilih menu “Informasi” diatas.

_________________________________________

Penutup

Oke, terima kasih telah mengunjungi artikel kami. Semoga apa yang kami sampaikan dapat menjawab pertanyaan anda. Jika ada kekurangan maupun kesalahan dalam artikel kami. Silahkan memberikan masukan pada kolom komentar di bawah. Jangan lupa ikuti Update-an kami ya? Terima kasih.

Sedikit tambahan dan saran nih buat kamu yang suka dengan kisah menarik serta inspiratif. Kamu bisa kunjungi https://vatih.com, insyaallah disana banyak cerita menarik yang dapat memotivasi kehidupanmu. Dan sekali lagi kami ucapkan terimakasih telah membaca.

3 pemikiran pada “4 Tipe Kepribadian/Karakter Manusia dan 9 Cara Untuk Mengetahuinya”

  1. Terima kasih atas artikelnya. Sangat membantu ? Ketika bertemu Calon Nasabah jadi lebih mudah mengerti karakter mereka, namun kalau ada boleh tambahkan artikel cara menangani karakter2 diatas. Terima kasih.

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: