10 Cerita Gambar Komik Islami Part 1 Lucu + Pembahasan | Muslim Show

CERITA GAMBAR KOMIK ISLAMI PART 1 LUCU MUSLIM SHOW – Wah, kalian sedang mencari komik yang bertema islam ya?. Jangan kawatir, nih kami berikan beberapa komik cerita yang bertema islam yang insyaallah bermanfaat. Dan semoga kalian terhibur dengan cerita komik ini, Selamat membaca !! ?

10 Cerita Komik Gambar Islami Lucu + Pembahasan Part 1


Komik Islami 1 : Dipersatukan

Komik Islami 1 : Dipersatukan

Sebentar, kenapa yang menang juga ikut terjatuh? Oh iya, kan talinya juga mengikat pada pinggang mereka, tentu saja mereka juga ikut terjatuh. Kalian tahu apa makna dari cerita komik di atas ini?

Dari cerita di atas kita bisa ambil kesimpulan bahwa sebaiknya hindari perdebatan meskipun kamu yang benar. Benar atau belum benar, maka kembalilah kepada Al-Qur’an dan Sunnah.

 

Komik Islami 2 : Hanya Untuk …

Komik Islami 2 : Hanya Untuk ...

Sungguh amat disayangkan bagi mereka yang mengejar dunia tanpa memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Apakah mereka tak tahu bahwa semua kehidupan di dunia ini akan menuju satu tempat?

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?”.

(Q.S Al- An’am : 32)

kehidupan yang baik adalah dengan kemudahan rezeki dan kelapangan hati untuk selalu qana’ah atas pemberian sang ilahi. Mengerjakan kebajikan serta ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kehidupan yang baik bagaikan kehidupan di surga, Insyaallah. ?

 

Komik Islami 3 : Hingga …

Komik Islami 3 : Hingga ...

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan bahwa safar/sedang dalam perjalanan adalah bagian dari ‘adzab (siksaan). Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

Safar adalah bagian dari ‘adzab (siksaan)”. (HR. Bukhari no. 1804 dan Muslim no. 1927)

Maksudnya bahwa safar itu memang akan benar-benar mendapati kesulitan. Coba kalian bayangkan jika melakukan safar ke luar negeri pulang ke kampung halaman. Apakah anda tahu apa yang akan terjadi? Oleh karena itu mari membaca doa sebelum melakukan perjalanan :

Doa Safar

 

Komik Islami 4 : Murni Pertemanan

Komik Islami 4 : Murni Pertemanan

Pertemanan antara laki-laki dengan perempuan diperbolehkan asal memiliki tujuan untuk membawa kebaikan. Kebaikan itu tentunya menuju kepada jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jika bukan dalam kebaikan, jangan coba-coba ya?

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menganjurkan kepada umatnya untuk menikah. Hikmah yang dapat kita ambil dari menikah adalah agar jauh dari perbuatan maksiat. Tentunya bagi kalian yang pacaran, sudah pikirkan sekarang juga. ?

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”. (Q.S Ar-Ruum : 21)

 

Komik Islami 5 : Murung

Komik Islami 5 : Murung

Subhanallah, siapa sih yang tidak ingin pergi ke tanah suci? Pastinya kalian ingin kan?. Dari pada mengunjungi sesuatu yang kurang bermanfaat, lebih baik mengunjungi tanah suci ini. Semoga kita semua umat islam dapat melaksanakan ibadah di tanah suci tersebut, aamiin. ?

Tentunya Kota Mekkah tidaklah seperti kota-kota lainnya. Melainkan sebuah kota yang menyandang kemuliaan serta kehormatan. Berikut kemuliaan dari kota Mekkah :

  • Kota Mekkah adalah kota suci sejak awal penciptaan langit dan bumi.
  • Kota Mekkah merupakan tempat yang paling dicintai oleh Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
  • Jika kita melaksanakan ibadah shalat di sana, akan mendapatkan derajat nilai yang sangat tinggi. Sebanding dengan saratus ribu tempat ibadah lainnya.

 

Komik Islami 6 : Partisipasi

Komik Islami 6 : Partisipasi

Wah, sayang sekali ya? padahal mereka bisa mendapatkan amal jariyah yang takkan pernah terputus sampai kematian menjemputnya. Hayoo, apa kalian pernah seperti itu? tidak usah ragu untuk beramal di jalan Allah, karena dunia ini hanyalah ilusi semata.

“Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya meninggal dunia ialah ilmu yang disebarluaskannya, anak soleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibina, rumah yang dibina untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang ramai, dan harta yang disedekahkannya ” (H.R Ibnu Majah).

Ada tujuh amal jariyah yang dapat kita laksanakan di dunia ini :

  1. Membagikan/mengamalkan ilmu yang kita dapatkan kepada orang lain demi kebaikan.
  2. Mendidik anak yang sholeh sehingga akan memberikan berkah atas kebaikan anak tersebut perbuat.
  3. Mewariskan kitab Al-Qur’an kepada orang-orang yang dapat memanfaatkannya dalam kebaikan.
  4. Membangun masjid seperti pada cerita komik di atas.
  5. Membangun/memberikan penginapan kepada orang yang sedang dalam keadaan safar/dalam perjalanan.
  6. Membuat aliran air yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang sekitar.
  7. Menyedekahkan sebagian harta dengan iklhas

 

Komik Islami 7 : Perbedaan Pendapat

Komik Islami 7 : Perbedaan Pendapat

Perbedaan pendapat memanglah sering terjadi antara manusia dengan yang lainnya. Akan tetapi, bukanlah hal baik jika perbedaan tersebut dilakukan dengan permusuhan antar sesama. Akan lebih baik jika merujuk pada Al Qur’an dan Hadits yang shahih, dan dilakukan dengan baik-baik.

QS Ali Imran : 19

Bisa kita simpulkan dari pada ayat tersebut bahwa setiap perselisishan akan baiknya merujuk pada Al-Qur’an. Tak hanya Al-Qur’an tetapi juga pada hadits shahih yang di riwayatkan oleh para perawi.

Tetapi kadang kita juga seringnya menjumpai hadits dhoif, sehingga membuat kesalahan dalam menjalankan kehidupan. Oleh karena itu lebih baiknya kita teliti dan telusuri terlebih dahulu sebelum menerima hadits tersebut. Oleh karena itu, marilah kita saling tolong-menolong dalam perkara yang kita sepakati dan juga menghargai antar sesama.

 

Komik Islami 8 : Peringatan!

Komik Islami 8 : Peringatan!

Pada cerita di atas menerangkan bahwa adanya amal baik dan amal buruk seseorang. Kita bisa simpulkan bahwa amal baik seseorang bukanlah amal yang diterima oleh manusia. Melainkan amalan yang dapat diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

QS Al Qori'ah 6-9

Bersikaplah husnuzan terhadap sesama manusia, karena kita tak tahu apa yang ada pada hati mereka. Berbaik sangka dalam sikap lahir batin, ucapan, dan perbuatan.

“Jauhkanlah dirimu dari berprasangka buruk, karena berprasangka buruk itu sedusta-dusta pembicaraan (yakni jauhkan dirimu dari menuduh seseorang berdasarkan sangkaan saja).” (H.R. Bukhari dan Muslim)

 

Komik Islami 9 : Sedikit Terlambat

Komik Islami 9 : Sedikit Terlambat

Haduh, sering tidak sih kita seperti ini? Kadang kita tertinggal sesuatu yang berharga di dunia dengan penyesalan yang berlebihan. Namun pada saat tertinggal untuk beribadah kepada Allah, kita biasa saja. Apa yang salah ya?

“Aku pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam “Amal apakah yang paling dicintai oleh Allah?” Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya”. “Kemudian amalan apa?” tanya Ibnu Mas`ud. “Berbuat baik kepada kedua orangtua,” jawab beliau. “Kemudian amal apa?” tanya Ibnu Mas’ud lagi. “Jihad fi sabilillah,” jawab beliau.”
(HR. Al-Bukhari no. 527 dan Muslim no. 248)

Seorang muslim yang tertinggal shalat berjamaah akan rugi. Berikut adalah keutamaan shalat berjamaah :

  • Shalat jama’ah memiliki pahala yang berlipat daripada shalat sendirian
  • Dengan shalat jama’ah akan mendapat pengampunan dosa
  • Setiap langkah kita menuju masjid untuk melaksanakan shalat berjama’ah, hal itu akan meninggikan derajat kita dan menghapuskan dosa. Juga ketika menunggu shalat, malaikat akan senantiasa mendo’akannya.
  • Jika kita melaksanakan shalat berjama’ah berarti menjalankan sunnah Nabi. Da jika meninggalkannya berarti meninggalkan sunnahnya.

 

Komik Islami 10 : Sekuntum Bunga

Komik Islami 10 : Sekuntum Bunga

Waduh, kenapa bisa begitu ya? Padahalkan ia sudah memberikan sedikit dari hartanya, apa kalian tahu? Tentu saja kalian pasti mengerti apa yang terjadi pada cerita di atas. Oleh karena itu jangan sekali-kali kalian melakukannya ya?

Al Baqarah 246

Dalam amal perbuatan yang pada cerita di atas merupakan suatu amal shalih yang harus di hindari. Tentunya pada cerita di atas menggambarkan seseorang yang melakukan perbuatan riya’. Berikut adalah bahaya berbuat riya’ :

  • Riya’ lebih berbahaya bagi kaum muslimin daripada fitnah masiih Ad Dajjal.
  • Sifat riya’ lebih sangat merusak daripada serigala yang menyergap domba.
  • Amal shalih yang diperbuat akan hilang pengaruh dan tujuannya.
  • Riya’ akan menghapus dan membatalkan amal shalih seperti pada gambar bunga di atas.
  • Riya’ merupakan sifat syirik khafi (tersembunyi).
  • Mewariskan kehinaan dan kerendahan.
  • Seseorang yang melakukan perbuatan riya’ tidak akan mendapat ganjaran di akhirat.
  • Menambah kesesatan seseorang.
  • Riya’ adalah sebab kekalahannya umat islam.

_________________________________________

Penutup

Oke, cukup sekian dulu dari kami. Bagaimana? Alhamdulillah, selain menghibur semoga kita lebih dekat lagi dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jika ada kesalahan atau kekurangan dalam artikel kami, silahkan berkomentar pada kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih !!

_________________________________________

10 Cerita Gambar Komik Islami Part 1 Lucu + Pembahasan | Muslim Show

 

Mari membaca Komik Islami Lucu lainnya :

  • 1. Sedang dikunjungi
  • 2. 10 Cerita Komik Gambar Islami Lucu + Pembahasan | Part 2. Klik Disini

Jangan Lupa Juga Untuk Mengunjungi Channel YouTube Kami :

4 pemikiran pada “10 Cerita Gambar Komik Islami Part 1 Lucu + Pembahasan | Muslim Show”

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: