Cara Membuat Channel/Akun dan Mendapatkan Uang dari YouTube

MEMBUAT DAN MENDAPATKAN UANG DARI YOUTUBE – Sungguh sangat hebat, sekarang pengguna YouTube di Indonesia semakin banyak peminatnya. Hal tersebut terjadi karena faktor utama yang menyebabkan YouTube di Indonesia semakin booming.

Bagi anda yang tertarik dengan kehidupan sebagai seorang YouTuber, anda perlu memahami bagaimana cara membuat Channel YouTube. Jika anda tidak tahu caranya, bagaimana anda bisa menjadi seorang YouTuber?

YouTube juga bisa memberikan penghasilan yang cukup tinggi bagi pengguna yang setia. Tentu saja penggunaannya tidak asal-asalan melainkan dengan membuat video yang menarik serta menghibur para penonton.

Oke, sekilas saja intro yang kami sampaikan, mari langsung saja kita membaca “Bagaimana Cara Membuat dan Mendapatkan Uang dari YouTube?”. Berikut adalah penjelasannya, lets Check it Out … !!. Selamat membaca.

Cara Membuat Channel/Akun dan Mendapatkan Uang dari YouTube


Pengertian Youtube

Pengertian Youtube

YouTube merupakan sebuah situs web paling terkenal di dunia. YouTube ini pertama kali dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada bulan Februari di tahun 2005. Situs ini merupakan web yang dapat memungkinkan pengguna dapat mengunggah video dan membagikannya.

Perusahaan YouTube memiliki kantor pusat di San Bruno tepatnya di California. Situs YouTube ini memakai teknologi Adobe Flash Player disertai dengan HTML5. Teknologi-teknologi tersebut digunakan untuk dapat menampilkan berbagai macam konten video yang di buat oleh pengguna.

YouTube Sumber Informasi

Situs YouTube bisa dikatakan merupakan sumber informasi yang sangat istimewa. Dari YouTube tersebut kita dapat melihat Klip Film, Klip TV, Video Music, dan lain sebagainya. Ada juga konten amatir yang di bagikan seperti Video Orisinal Pendek, Bolg Video, Video Pendidikan dan sebagainya.

 

Program Kemitraan YouTube

Telah banyaknya konten video yang diunggah baik secara individu maupun kelompok. Program kemitraan YouTube dulunya sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan media. Perusahaan itu seperi CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lainnya sebagai program kemitraan YouTube.

Pengguna yang tidak terdaftar dalam situs YouTube dapat melihat-lihat secara bebas. Akan tetapi tidak dapat mengunggah karena belum mendaftar. Bagi yang telah mendaftar, pengguna dapat mengunggah video dalam jumlah yang tidak terbatas.

 

YouTube di Jual Belikan

Karena situs YouTube ini dapat memberikan informasi yang sangat istimewa, hingga ada yang ingin membelinya. Pada bulan November tahun 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1.65 miliar. Oleh karena itu hingga sekarang, YouTube resmi beroperasi sebagai bagian dari perusahaan Google.

Baca Juga : 40 Cerita dari Gambar 3 Dimensi

 

Cara Membuat Channel/Akun Youtube

Cara Membuat ChannelAkun Youtube

Cara membuat Channel/Akun YouTube sangat mudah, anda tak perlu mendaftar ke sana sini. Jika anda sudah memiliki Akun Google, tentunya hal itu sudah mempermudah dalam pendaftaran. Ada dua cara dalam membuat akun YouTube, yaitu dengan lewat Android/Tablet dan Komputer.

Pastikan Anda Sudah Memiliki Akun Google

Sebelum membuat Channel/Akun YouTube, pastikan anda sudah mendaftar pada Akun Google. Jika sudah memiliki Akun Google, klik disini untuk lanjut membaca. Jika anda belum memiliki Akun Google, ikuti langkah berikut untuk mendaftar.

A. Buat Akun Google Lewat Android/Tablet

1. (Buka Pengaturan) – Sebelum memulai pastikan anda memiliki kuota internet. Pertama masuk pada menu setting/pengaturan hp android dan scroll kebawah sampai menemukan tulisan “Akun”, Klik “Tambahkan Akun”.

Buat Akun Google Lewat AndroidTablet 1

 

2. (Google) – Di sana akan disediakan fitur apa yang ingin anda tambahkan akun baru. Klik pada “Google”.

Buat Akun Google Lewat AndroidTablet 2

 

3. (Buat Akun) – Setelah itu pilihlah “Buat Akun Baru/Baru” dan isilah/ikuti sesuai perintahnya.

Buat Akun Google Lewat AndroidTablet 3

Pada Akun Google di android dapat digunakan juga sebagai akun Google Play Store. Pada aplikasi android/tablet akan memiliki tema yang berbeda namun hampir sama cara mendaftarnya. Ini merupakan dasar pada pendaftaran.

 

B. Buat Akun Google Lewat Komputer/Laptop

1. (Buka Google Chrome) – Buka google chrome dan masukkan kalimat pencarian bebas (contoh : cara membuat akun google). Lihat warna biru di pojok kanan atas kemudian klik.Buat Akun Google Lewat KomputerLaptop 1

 

2. (Opsi Lainnya? > Buat Akun) – Setelah itu pilihlah tulisan “Opsi lainnya?” di sana, klik kemudian pilih “Buat akun”.Buat Akun Google Lewat KomputerLaptop 2

 

3. (Isi Identitas Anda) – Setelah itu silahkan mengisi identitas data diri anda. Pastikan Akun Google tersebut anda jaga dengan baik supaya tidak terjadinya kesalahan, selesai.

Akun Google pada Android dan Laptop sebenarnya sama saja, hanya berbeda cara membuatnya. Akan tetapi pada Akun Google yang tertera pada Google Chrome, anda dapat menggunakan akun Google sebagai akun Gmail, YouTube, Google+, Google Drive, dan lain sebagainya. Fitur-fitur ini hanya dapat digunakan pada Google Chrome.Buat Akun Google Lewat KomputerLaptop 3

 

Membuat Channel/Akun YouTube

Membuat channel/akun YouTube dapat melalui android/tablet dan komputer/laptop, hanya saja cara mendaftarnya sedikit berbeda. Akun YouTube memiliki 2 tipe, yaitu Channel Pribadi dan Channel Bisnis.

Channel Pribadi merupakan channel yang hanya anda sendiri yang memakainya. dan pada Channel Bisnis merupakan channel yang dikelola oleh beberapa Akun Google. Langsung saja, berikut adalah langkah cara membuat Channel/Akun YouTube :

A. Buat Channel/Akun YouTube Lewat Android/Tablet

1. (Buka Aplikasi YouTube) – Bukalah aplikasi YouTube di Aplikasi Browser atau Aplikasi YouTube.

2. (Tap Icon Menu) – Lihatlah gambar yang memiliki 3 titik menurun di pojok kanan atas.

3. (Tap Masuk) – Pilihlah kategori dengan kata “Masuk” setelah itu masukkan email akun Google anda beserta passwordnya, selesai.

Pada Channel YouTube di android memiliki keterbatasan dalam pengeditan video. Akan lebih baik jika memakai akun YouTube di komputer atau laptop. Biasanya, video yang di upload adalah video pribadi atau editan simple lainnya.

 

B. Buat Channel/Akun YouTube Lewat Komputer/Laptop

1. (Buka youtube.com) – Bukalah situs YouTube, agar lebih mudahnya memakai Google Chrome.

2. (Masuk) – Lihat pada kanan pojok atas yang bertuliskan kata “Masuk” lalu klik.

3. (Buat Akun) – Setelah masuk, pilihlah kata “Buat Akun” dan ikuti langkah yang diperintahkan, selesai.

Pada Channel YouTube yang anda buat di komputer/laptop akan sangat memiliki banyak fitur editing. Biasanya para YouTuber tentunya memakai komputer atau laptop dalam menjalani proses pembuatannya.

Oleh karena itu, jika anda ingin menjadi YouTuber, lebih baik menggunakan komputer atau laptop. Tetapi jika belum memilikinya, tidak usah kawatir, anda masih dapat berkarya melalui android tersebut.

“Tetap Berkarya dengan Segala yang Ada”

Baca Juga : 32 Permainan Tradisional Indonesia

 

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Tentu saja bagi anda yang ingin menjadi seorang YouTuber berkeinginan untuk mendapatkan uang. Akan tetapi hal tersebut hampir disalah pahami oleh para pemula. Menjadi seorang YouTuber tidak hanya memikirkan tentang uang namun juga dapat menghibur para penonton.

Jika anda memang ingin menjadi seorang YouTuber yang sukses, jangan melihat dari segi uangnya saja. Uang bukanlah segalanya, namun di dunia ini semua membutuhkannya. Lihat juga dari segi video anda apakah pantas untuk di tonton?

“Semakin baik kualitas video anda, semakin cepat aliran uang berlari menuju diri anda”

Tentu saja YouTube memberikan peraturan yang harus diikuti oleh pengguna channel YouTube. Sehingga para pengguna harus menaati peraturan jika ingin mendapatkan uang dari YouTube. Berikut adalah kriteria yang dapat menghasilkan uang di YouTube :

Iklan pada Video YouTube Anda

Iklan pada Video YouTube AndaDalam mendapatkan uang dari YouTube, anda perlu mendapatkan iklan yang terdapat video anda. Iklan bukan yang anda buat sendiri melainkan akan diberikan oleh perusahaan yang akan mengiklankan.

Untuk mendapatkan iklan tersebut, anda perlu memonetisasi channel anda. Monetisasi merupakan fitur yang menanyakan “Apakah channel anda pantas untuk dipasang iklan atau tidak?”. Oleh karena itu perlunya memonetisasi channel YouTube anda.

Pada saat ini, monetisasi dalam pemberian iklan pada YouTube telah mengalami perubahan. Para pengguna YouTube akan dapat memonetisasi iklan apabila penonton pada channel anda mencapai 10.000 viewers. Perubahan peraturan akan terus terjadi seiring berjalannya waktu.

Iklan yang diberikan oleh Google dapat berupa Video, Gambar, dan Tulisan. Hal tersebut memiliki kriteria pendapatan tersendiri atas perbedaan iklan tersebut. Pendapatan iklan terbesar terdapat pada iklan video yang muncul sebelum video anda di putar.

Video iklan akan memberikan pendapatan jika iklan tersebut di tonton sampai selesai oleh pemirsa. Jika iklan pada video anda di skip/di lewati, maka anda tidak akan mendapatkan uang dari iklan tersebut.

Iklan Gambar dan Tulisan, anda mendapatkannya apabila ada yang meng-klik gambar atau tulisan iklan tersebut. Dan tentunya juga, iklan ini memberikan lebih sedikit pendapatan dari pada iklan video.

 

Daftar Google Adsense

Sebelum anda mendapatkan uang dari iklan tersebut, anda perlu mendaftar pada akun Google Adsense. Apa itu Google Adsense? Google Adsense merupakan tempat penyimpanan uang yang diberikan kepada anda.

Dari Google Adsense, anda dapat mencairkan uang anda yang didapat dari iklan YouTube. Tak hanya iklan YouTube, melainkan juga Adsense ini dapat digunakan untuk menyimpan pendapatan dari semua iklan yang terpasang pada seluruh situs-situs di internet.

Untuk cara mendaftar Google Adsense, Ikuti langkah gambar berikut ini :

1. Ikuti Langkah Berdasarkan Nomer pada Gambar di Bawah ini.

Daftar Google Adsense 1

 

2. Aktifkan Akun 

Daftar Google Adsense 2

3. Setujui Persyaratan

Daftar Google Adsense 3

4. Masuk Adsense

Daftar Google Adsense 4

5. Situs Web

Daftar Google Adsense 5

6. Isi Informasi Kontak

Daftar Google Adsense 6

 

Cara Mencairkan Uang dari Google Adsense

Terdapat 2 metode yang dapat kita lakukan untuk mengambil uang tersebut. Yaitu menggunakan Western Union (WU) dan transfer kawat (transfer antar bank). Jika jenis akun Adsense anda adalah US (Dollar) maka menggunakan Wester Union, dan jika Adsense IDR menggunakan Transfer antar Bank.

A. Persyaratan Pencairan Uang Western Union (WU)

Persyaratan Pencairan Uang Western Union (WU)1. Kartu Identitas : KTP/SIM (identitas harus sama dengan nama penerima yang tertera pada akun Adsense).

2. Mengisi Formulir WU yang dapat diperoleh dari agen WU tersebut.

3. Mencetak bukti pembayaran dari Google di akun Adsense (didalamnya terdapat kode MTCN atau PIN pencairan yang harus dirahasiakan).

Pencairan tersebut bisa dilakukan di agen WU seperti pada kantor pos, indomart, penggadaian dan agen WU lainnya. Pencairan ini gratis tidak dipungut biaya, jika ada maka agen tersebut telah pungli. Lebih aman lakukan di kantor pos saja. Insyaallah.

 

B. Pencairan Melalui Rekening Kawat atau Transfer Bank

Pencairan Melalui Rekening Kawat atau Transfer BankTransfer ini hanya dapat digunakan jika memiliki akun Adsense IDR. Persyaratannya adalah dengan memiliki rekening bank (dapat menggunakan rekening bank saudara atau orang tua jika tidak punya).

Jika menggunakan metode ini, maka anda akan dikenai biaya administrasi bank dengan nominal bermacam-macam. Nominal tersebut sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh bank tersebut.

Transfer penghasilan dari YouTube akan dikirim secara otomatis pada rekening bank yang telah anda setting di Adsense. Jika anda masih belum paham, anda bisa klik disini untuk memahami lebih lanjut.

Baca Juga : Belajar Cepat Gambar 3 Dimensi Pakai Pensil

 

Jenis Video yang Dapat di Pasang Iklan

YouTube memiliki peraturan pada kriteria video apa yang diizinkan untuk dipasang iklan. Tentunya video tersebut berupa video yang origina atau buatan sendiri dari segi Video, Musik, Suara, dan lain sebagainya.

Jika ada konten video yang merupakan salinan dari video, musik, suara dari orang lain, Maka akan terkena hak cipta. Oleh karena itu, buatlah video yang se-original mungkin.Jenis Video yang Dapat di Pasang Iklan

 

Besar Kecilnya Pendapatan

Besar kecilnya pendapatan tidak hanya dilihat dari jenis iklan yang terpasang, melainkan dari banyaknya pengunjung yang melihat video anda. Semakin banyak pengunjung, tentu akan semakin banyak yang melihat dan mengklik iklan tersebut.

Pengunjung bisa didapatkan melalui subscriber/pelanggan channel YouTube anda. Subscriber ini merupakan pelanggan tetap yang sangat penting, oleh karena itu buatlah mereka merasa nyaman berada di channel anda.Besar Kecilnya Pendapatan

*NB : Untuk mendalami pengetahuan serta wawasan dalam kehidupan, anda bisa pilih menu “Informasi” diatas.

_________________________________________

Penutup

Oke, sekian saja yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel kami dapat menjawab semua pertanyaan anda. Jika ada kekurangan maupun kesalahan dalam artikel kami, silahkan berkomentar dibawah agar kami dapat memperbaiki kekurangan maupun kesalahan tersebut. Terima kasih telah berkunjung.

_________________________________________

Mari mendalami tentang YouTube lebih dalam lagi :

  • 1. Sedang anda kunjungi.
  • 2. 17+ Tips Cara Menjadi YouTuber Sukses Bagi Pemula | Detail. Klik Disini

 

Jangan Lupa Juga Untuk Mengunjungi Channel YouTube Kami :

20 pemikiran pada “Cara Membuat Channel/Akun dan Mendapatkan Uang dari YouTube”

  1. video apa yg kira2 banyak disukai, lalu gmna cara supaya bisa cepat bnyak dapat uang
    dan brapa lama setelah upload video di youtube kita dapat hasil uangnya?

    Balas
  2. Saya dari dulu pengen jadi seorang youtuber tapi sampai saat ini i belum kesampaian juga
    Setelah membaca artikel ini saya serasa bersemangat lagi untuk membangun sebuah blog ?
    Terima kasih gan artikelnya sangat memacu saya :’v

    Balas

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: