Urutan Pangkat TNI AD, AL, & AU Lengkap dengan Lambang dan Artinya

Urutan Pangkat TNI AD, AL, & AU Lengkap dengan Lambang dan Artinya

PANGKAT TNI – Dalam sebuah negara, tentunya memiliki sebuah pasukan khusus untuk menjaga keamanan negara. Dan dalam setiap pasukan juga memiliki beberapa pangkat yang digunakan untuk mengetahui kemampuan dari pasukan tersebut. berikut merupakan Pangkat Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dapat kami jelaskan.

Tentara Nasional Indonesia


Kepangkatan TNI (Tentara Nasional Indonesia)

Kepangkatan TNI (Tentara Nasional Indonesia)

Dalam sebuah pasukan militer perlu adanya sebuah pangkat yang diberikan kepada setiap prajuritnya. Tentu hal ini diberikan karena setiap pangkat memiliki wewenang dan tanggung jawab tersendiri yang harus dilaksanakan.

Kepangkatan Tentara Nasional Indonesia yang disingkat dengan sebutan TNI, tentunya memiliki susunan pangkat serta lambang yang telah dibuat secara resmi. TNI memiliki berbagai macam pembagian dalam pasukan militer, yang terdiri dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Tanda Pangkat

Sebelumnya, Tentara Keamanan Rakyat (TKR) merupakan sebutan awal yang digunakan militer indonesia sebelum Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hingga sampai saat ini, jenjang kepangkatan TNI telah mengalami banyak perubahan seiring perkembangan zaman.

Tanda Pangkat Tentara Keamanan Rakyat

Jenjang tanda pangkat yang tercantum saat ini adalah yang digunakan pada awal pertama kalinya dibentuknya TKR sampai terbentuknya nama TNI yang digunakan sampai sekarang ini yang ditempatkan pada bagian kerah baju.

Tanda pangkat ini lebih dikhususkan pada TKR Angatan Darat. Namun TKR Angkatan Laut dan Udara memilikinya juga, tapi dengan tanda pangkat yang berbeda.

Tanda Pangkat Tentara Nasional Indonesia

Tanda pangkat kali ini merupakan tanda pangkat yang sekarang sedang digunakan. Tanda pangkat ini digunakan/diberlakukan pertama kalinya pada tahun 1997.

Tahukah anda bahwa tanda pangkat tersebut memiliki 3 macam yang dibuat berdasarkan kegunaan seragamnya? 3 macam kegunaan seragam itu adalah pakaian dinas upacara (PDU), pakaian dinas harian (PDH) serta pakaian dinas lapangan (PDL).

Namun, dari semua pakaian seragam dinas tersebut memiliki letan tanda pangkat yang berbeda. Penempatan tanda pangkat pada seragam dinas harian dan upacara terletak pada pundak kemeja. Namun, penempatan ini khusus untuk jenjang bintara tinggi, untuk tamtama dan bintara terletak pada lengan baju.

Berbeda dengan pakaian dinas lapangan, tanpa pangkat tersebut terletak pada kerah baju, namun penempatan tersebut digunakan oleh jenjang bintara tinggi sampai perwira. Sedangan untuk bintara sampai tamtama, tetap pada tempatnya yaitu pada lengan baju.

Warna Dasar Strip pada Tanda Pangkat

Strip tanda pangkat setiap jabatan memiliki warna yang berbeda. Warna dasar pada strip pangkat bintara TNI AD dan AU ialah berwarna kuning, sedangkan untuk pangkat tamtama berwarna merah. Untuk TNI AL sendiri memiliki strip pangkat berwarna biru, termasuk pula dengan Korps Marinir.

Akan tetapi, untuk nama pangkat Korps Marinir mengikuti pangkat TNI AD, namun tanda pangkatnya tetap mengikuti tanda pangkat TNI Angkatan Laut.

 

Jenjang Urutan Tingkat Pangkat/Jabatan dalam TNI

Jenjang Urutan Tingkat Pangkat/Jabatan dalam TNI

Dalam kepangkatan Tentara Nasional Indonesia, memiliki beberapa nama yang perlu diketahui. Berikut akan kami jelaskan dari pangkat yang paling rendah hingga paling terhormat bagi Tentara Nasional Indonesia.

1. Tamtama

Pertama kali yang akan kami bahas ialah Tamtama. Apa itu pangkat Tamtama? Tentu pangkat ini merupakan jabatan pertama dan yang paling rendah dari beberapa pangkat lainnya.

Pangkat ini dimulai dari Prajurit Dua/Kelasi Dua/Bhayangkara Dua sampai kepada Kopral Kepala/Ajun Brigadir Polisi. Bisa dikatakan bahwa pangkat ini merupakan inti dari sebuah pasukan militer. Karena pangkat pertama inilah yang akan masuk pada garis paling depan dalam medan pertempuran.

Dalam pangkat TNI, Tamtama dibagi menjadi dua bagian.

Tamtama Kepala

Tamtama Kepala ini bisa dikatakan sebagai Kopral di TNI tingkat bawah, yang memiliki 3 kepangkatan, dimulai dari yang paling redah yaitu Kopral Dua, Kopral Satu, dan Kopral Kepala.

Tamtama

Untuk Tamtama sendiri merupakan pangkat paling rendah yang diberikan kepada seorang Prajurit TNI. Tamtama juga terdiri dari 3 kepangkatan, dimulai dari yang paling rendah yaitu Prajurit Dua, Prajurit Satu, dan Prajurit Kepala.

2. Bintara

Bintara, tentu pangkat ini merupakan panghkat lanjutan dari pada sebelumnya. Pangkat Bintara ini memiliki wewenang dan tanggung jawab yang lebih dari pada Tamtama.

Bisa dikatakan bahwa Bintara ini merupakan tulang punggung bagi kesatuan militer. Lebih tepatnya ialah sebagai penghubung antara Perwira dengan Tamtama atupun sebaliknya dalam segi operasional.

Pada umumnya/biasanya, Bintara merupakan tempat pembentukan suatu rekrutan menjadi sebuah aparat yang profesional. Dari pembentukan itu, Bintara inilah yang akan menjadi pelatih bagi rekrutannya. Namun, hal ini biasa di wewenangkan kepada pagkat “Bintara” bukan “Bintara Tinggi”.

Lebih lagi, bintara juga diberikan tugas untuk membimbig serta megepalai segenap jumlah anggota Tamtama seukura regu yang dipimpin oleh seorang Sersan. Seperti yang tertera pada paragraf sebelumnya bahwa bintara terdapat 2 bagian.

Bintara Tinggi

Untuk Bintara Tinggi adalah golongan yang diangkat sebagai pembantu Letnan Dua/Letnan Satu dan Polri. Dan terlebih lagi bahwa pangkat ini sepadan atau setara dengan Warrant Officer di negara-negara lainnya.

Bintara

Dan untuk Bintara sendiri merupakan golongan pangkat yang terdiri atas Sersan (TNI) dan Brigadir (Polri). Dan di negara lain, pangkat ini sepadan dengan Specialist atau Non-commisioned officer.

3. Perwira

Perwira merupakan anggota TNI ataupun Polisi yang memiliki pangkat di atas Bintara. Golongan ini mengacu pada para anggota yang memiliki otoritas atau wewenang di dalam instansi militer, penegak hukum atau instansi berseragam lainnya. Mereka dapat memberikan perintah operasional sebagai pimpinan kepada seluruh anggota mereka.

Lebih tepat dan umumnya bahwa pangkat ini memiliki/memegang pangkat yang lebih tinggi daripada bintara. Tentu tanggung jawab pada pangkat ini lebih legal berupa komisi, dibayar lebih, dan juga kebanyakan memiliki lebih banyak pelatihan non-militer seperti ijazah universitas serta pendidikan sains atau sosial lainnya.

Tak hanya itu, perwira juga pada umumnya menerima pelatihan kepemimpinan dan manajemen. Seperti pada beberapa militer di negara-negara maju, kebanyakan mereka mewajibkan mencapai gelar sarjana sebagai persyaratan menjadi seorang Perwira. Namun di dalam TNI sendiri, hal itu tidak diharuskan akan tetapi dianjurkan.

Golongan Perwira dibagi menjadi 3 bagian yang di dalamnya terdiri atas Perwira Pertama, Perwira Menengah dan Perwira Tinggi. Berikut penjelasannya :

Perwira Pertama

Perwira ini merupakan golonganpangkat perwira paling rendah dari 2 lainnya. Perwira pertama ini juga sering disingkat dengan kata Pama dan terdiri dari Letnan Dua, Letnan Satu dan juga Kapten.

Perwira Menengah

Perwira ini berada pada posisi tengah antara Perwira Pertama dan Perwira tinggi yang terdiri dari Mayor, Letnan Kolonel dan juga Kolonel. Untuk Perwira menengah ini juga memiliki nama singkat yaitu Pamen.

Perwira Tinggi

Tak hanya tertinggi dari 2 pangkat Perwira lainnya, namun juga merupakan pangkat tertinggi dari seluruh pangkat-pangkat sebelumnya. Pangkat ini ditandai dengan memakai logo bintang pada pundaknya.

Namun dalam cabang militer, pangkat ini memiliki nama tersendiri seperti dalam TNI AD menggunakan nama Jenderal, TNI AL memakai nama Laksamana, dan untuk TNI AU menggunakan nama Marsekal.

4. Pangkat Kehormatan

Pangkat ini merupakan pangkat yang paling tertinggi dari pada Perwira. Biasanya oangkat ini diberikan kepada seorang perwira TNI yang sangat berjasa dalam masa-masanya. Pangkat ini ditandai dengan adanya 5 bintang emas pada pundaknya, berbeda dengan pangkat Perwira Tinggi yang hanya memiliki 4 bintang emas.

Dalam sejara TNI, hanya beberapa yang telah diberi kehormatan menggunakan pangkat ini. Mereka merupakan orang-orang yang telah berjasa untuk negara Indonesia tercinta. Berikut adalah nama-namanya:

  1. Jenderal Besar Soedirman (TNI AD)
  2. Jenderal Besar A.H. Nasution (TNI AD)
  3. Jenderal Besar Soeharto (TNI AD)

Untuk Tanda kepangkatan pada TNI AU maupun TNI AL, sampai saat ini masih belum ada seorangpun perwira yang di anugerahi untuk mendapatkan tanda Pangkat Kehormatan ini.

 

Lambang Pangkat TNI AD (Angkatan Darat)

Lambang TNI AD (Angkatan Darat)

TNI Angkatan Darat ini dibentuk bersamaan dengan awal berdirinya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tanggal 5 Oktober tahun 1945. TNI Angkatan Darat dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) yang menjadi pemimpin tertinggi di Markas Besar Angkatan Darat (MABESAD).

Kekuatan TNI AD pada saat ini terdirii dari 2 komando utama tempur yang pasti tidak asing lagi di telinga kita yaitu Kostrad dan Kopassus. Pada wilayah TNI AD juga memiliki 13 Komando Daerah Militer dan 44 Komando Resort Militer yang pada masing-masing wilayah tersebut terdapatnya satuan tempur tersendiri.

Tak hanya komando utama tempur saja yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, tapi juga adanya komando utama pendidikan yang akan mendidik para Perwira dan Calon Perwira di Akademi Militer, Secapa, Seskoad dan komando utama pengembangan serta doktrin yaitu Kodiklat.

Tugas TNI Angkatan Darat

Tugas pokok dalam TNI Angjatan Darat ialah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia yang pastinya didasarkan dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, serta juga melindungi segenap bangsa, seluruh tumpah darah Indonesia dari adanya ancaman serta gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Lambang Urutan Pangkat/Jabatan TNI AD

Berikut ini merupakan seluruh pangkat yang ada pada TNI Angkatan Darat. Akan kami jelaskan dari mulai jabatan paling rendah sampai tingkat atas. Berikut jabatan serta gambar lambang yang dapat kami paparkan.

1. Tamtama

Tamtama Angkatan Darat
Prajurit Dua – Prajurit Satu – Prajurit Kepala

2. Tamtama Kepala

Tamtama Kepala Angkatan Darat
Kopral Dua – Kopral Satu – Kopral Kepala

3. Bintara

Bintara Angkatan Darat
Sersan Dua – Sersan Satu – Sersan Kepala – Sersan Mayor

4. Bintara Tinggi

Bintara Tinggi Angkatan Darat
Pembantu Letnan Dua – Pembantu Letnan Satu

5. Perwira Pertama

Perwira Pertama Angkatan Darat
Letnan Dua – Letnan Satu – Kapten

6. Perwira Menengah

Perwira Menengah Angkatan Darat
Mayor – Letnan Kolonel – Kolonel

7. Perwira Tinggi

Perwira Tinggi Angkatan Darat
Brigadir Jenderal – Mayor Jenderal – Letnan Jenderal – Jenderal

8. Pangkat Kehormatan

Pangkat Kehormatan Angkatan Darat
Jenderal Besar

 

Lambang Pangkat TNI AL (Angkatan Laut)

Lambang TNI AL (Angkatan Laut)

TNI Angkatan laut merupakan salah satu cabang angkatan perang yang bertanggungjawab serta mempertahankan negara Republik Indonesia di bagian laut. TNI Angkatan laut ini terbentuk pada tahun 1945 tepatnya di tanggal 10 September. Namun sebelumnya, angkatan perang ini diberikan nama Badan Keamanan Rakyat (BKR laut).

Pada kekuatan militer TNI Angkatan Laut saat ini terbagi menjadi 2 armada. Armada yang pertama disebut juga dengan Armada Barat yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta. Lalu Armada yang kedua disebut dengan Armada Timur yang berada di Tanjung Perak, Surabaya.

Tugas TNI Angkatan Laut

Tugas TNI Angkatan Laut telah ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 9. Beikut beberapa tugas yang harus dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut:

  1. Melaksanakan tugas TNI matra laut pada bidang pertahanan negara.
  2. Menegakkan hukum serta menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional maupun internasional yang telah diraktifikasi sebelumnya.
  3. Melaksanakan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang di tetapkan oleh pemerintah.
  4. Melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan serta pengembangan kekuatan matra laut.
  5. Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Lambang Urutan Pangkat/Jabatan TNI AL

Berikut ini merupakan seluruh pangkat yang ada pada TNI Angkatan Darat. Akan kami jelaskan dari mulai jabatan paling rendah sampai tingkat atas. Berikut jabatan serta gambar lambang yang dapat kami paparkan.

1. Tamtama

Tamtama Angkatan Laut
Kelasi Dua – Kelasi Satu – Kelasi Kepala

2. Tamtama Kepala

Tamtama Kepala Angkatan Laut
Kopral Dua – Kopral Satu – Kopral Kepala

3. Bintara

Bintara Angkatan Laut
Sersan Dua – Sersan Satu – Sersan Kepala – Sersan Mayor

4. Bintara Tinggi

Bintara Tinggi Angkatan Laut
Pembantu Letnan Dua – Pembantu Letnan Satu

5. Perwira Pertama

Perwira Pertama Angkatan Laut
Letnan Dua – Letnan Satu – Kapten

6. Perwira Menengah

Perwira Menengah Angkatan Laut
Mayor – Letnan Kolonel – Kolonel

7. Perwira Tinggi

Perwira Tinggi Angkatan Laut
Laksamana Pertama – Laksamana Muda – Laksamana Madya – Laksamana

8. Pangkat Kehormatan

Pangkat Kehormatan Angkatan Laut
Laksamana Besar

 

Lambang Pangkat TNI AU (Angkatan Udara)

Lambang TNI AU (Angkatan Udara)

TNI Angkatan Udara merupakan salah satu cabang dari angkatan perang yang ditugaskan pada bagaian atau bertanggung jawab atas operasi pertahanan Republik Indonesia di udara. TNI Angkatan Udara ini dibentuk serta berdiri pada tahun 1946 tepatnya pada tanggal 9 April.

TNI Angkatan udara juga memiliki dua komando operasi. Komando pertama dinamakan Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I), yang berada di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Dan Koops AU II markasnya terletak di Makasar

Tugas TNI Angkatan Udara

Tugas TNI Angkatan Udara ditetapkan pada UU Nomor 34 tahun 2004 Pasal 10, mereka ditugaskan untuk:

  • Melaksanakan tugas TNI di bidang pertahanan pada matra udara.
  • Menjaga keamanan serta menegakkan hukum di wilayah udara yuridis nasional, sesuai dengan ketentuan hukum nasional maupun internasional yang sudah diratifikasi.
  • Melaksanakan tugas membangun serta mengembangkan kekuatan TNI pada matra udara.
  • Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

Lambang Urutan Pangkat/Jabatan TNI AU

Berikut ini merupakan seluruh pangkat yang ada pada TNI Angkatan Udara. Akan kami jelaskan dari mulai jabatan paling rendah sampai tingkat atas. Berikut jabatan serta gambar lambang yang dapat kami paparkan.

1. Tamtama

Tamtama Angkatan Udara
Prajurit Dua – Prajurit Satu – Prajurit Kepala

2. Tamtama Kepala

Tamtama Kepala Angkatan Udara
Kopral Dua – Kopral Satu – Kopral Kepala

3. Bintara

Bintara Angkatan Udara
Sersan Dua – Sersan Satu – Sersan Kepala – Sersan Mayor

4. Bintara Tinggi

Bintara Tinggi Angkatan Udara
Pembantu Letnan Dua – Pembantu Letnan Satu

5. Perwira Pertama

Perwira Pertama Angkatan Udara
Letnan Dua – Letnan Satu – Kapten

6. Perwira Menengah

Perwira Menengah Angkatan Udara
Mayor – Letnan Kolonel – Kolonel

7. Perwira Tinggi

Perwira Tinggi Angkatan Udara
Marsekal Pertama – Marsekal Muda – Marsekal Madya – Marsekal

8. Pangkat Kehormatan

Pangkat Kehormatan Angkatan Udara
Marsekal Besar

 

Jenjang dan Nama Pangkat dari Periode ke Periode

Berikut ini merupakan perubahan nama-nama pangkat pada TNI (Tentara Negara Indonesia). Dimulai dari periode 1945, 1957, 1973, 1990,  hingga sekarang. Namun, perbahan nama-nama pangkat tersebut tidak jauh beda saat pergantian periode. Berikut gambar teks yang dapat kami sampaikan:

Pangkat TNI Periode 1945 - 1957
Pangkat TNI Periode 1945 – 1957

 

Pangkat TNI Periode 1957 - 1973
Pangkat TNI Periode 1957 – 1973

 

Pangkat TNI Periode 1973 - 1990
Pangkat TNI Periode 1973 – 1990

 

Pangkat TNI Periode 1990 - 1997
Pangkat TNI Periode 1990 – 1997

 

Pangkat TNI Periode 1997 - sekarang
Pangkat TNI Periode 1997 – sekarang

_________________________________________

Penutup

Nah, bagaimana artikelnya? Kalau artikelnya bermanfaat, kamu bisa share ke teman-teman kamu. Atau juga kepada saudara kamu yang ingin sekali tahu tentang kepangkatan dalam TNI. Dan sekian saja artikel yang dapat kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih karena telah membaca artikel ini. Terimakasih.

 

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: