26 Pengertian MAKALAH Buat Kamu MUDAH Mengerjakannya!!

26 Pengertian MAKALAH Buat Kamu MUDAH Mengerjakannya!!

PENGERTIAN/DEFINISI MAKALAH – Kadang dalam pembelajaran kita sering diberikan sebuah tugas yang membuat malas untuk mengerjakannya. Tetapi semua itu tentunya memiliki tujuan tersendiri yang dapat memberikan kebaikan pada diri kita.

Seperti pada judul yang tertera di atas. Makalah juga memiliki tujuan tersendiri dalam kehidupan. Lalu apa sih pengertian dari makalah itu sendiri. Mari simak pembahasan kami berikut ini. Let’s Check it Out …!!

26 Pengertian MAKALAH Buat Kamu MUDAH Mengerjakannya!!


A. Pengertian/Definisi Makalah

Pengertian Definisi Makalah

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang membahas tentang pokok masalah tertentu. Yang tercangkup dalam ruang lingkup tertentu. Makalah juga dapat diartikan sebagai karya akademis yang biasanya diterbitkan atau di publikasikan pada jurnal yang bersifat ilmiah.

1. Makalah, Paper, dan Artikel Ilmiah

Dalam pembuatan karya tulis, ada beberapa perbedaan dari pembuatannya maupun definisi lain. Contoh beberapa perbedaan itu ialah dari Makalah, Paper, dan Artikel Ilmiah. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan ketiga karya tulis tersebut :

a). Makalah

Makalah merupakan naskah yang sistematis dan utuh yang berupa garis-garis besar (outlines) mengenai suatu masalah. Makalah ditulis dengan suatu pendekatan keilmuan tertentu dalam menguraikan pendapat, gagasan, dan pembahasan pemecah masalah.

b). Paper

Paper adalah sebutan khusus untuk di kalangan para akademis (mahasiswa) dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikan sebelum menyelesaikan jenjang studi (Diploma/S1/S2/S3).

c). Artikel Ilmiah

Artikel ilimiah juga sebutan khusus untuk makalah yang mengalami variasi dan adaptasi tertentu. Yang dipublikasikan melalui suatu jurnal ilmiah atau penerbitan khusus lainnya, tanpa meninggalkan prinsip dari struktur, format, sistematika dan isi dari makalah ilmiah.

 

2. Makalah Secara Umum

Pengertian makalah secara umum adalah salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah dengan pembahasan permasalahan tertentu, yang berdasarkan hasil kajian teori maupun kajian lapangan.

Pada umumnya, pembuatan makalah bertujuan untuk memenuhi tugas-tugas tertentu seperti dalam akademik maupun tugas non-akademik. Biasanya makalah ini dibuat oleh para pelajar dan mahasiswa.

Selain itu, makalah bukan hanya sebuah rangkuman. Namun juga sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah.

 

3. Makalah Menurut Para Ahli

Makalah juga diartikan oleh beberapa ahli, diantaranya adalah menurut Tanjung dan Ardial. Mengartikan bahwa makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu, ditulis secara sistematis dan disertai analisis yang logis dan objektif.

Menurut Surakhmad juga bahwa makalah adalah segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis. Baik itu sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang suatu pokok permasalahan tertentu.

Dari semua penjelasan tersebut, dapat kita ambil sebuah kesimpulan. Makalah adalah suatu karya tulis yang membahas permasalahan tertentu dengan analisis yang logis dan objektif, dan ditulis dengan sistematis.

Baca Juga : Teknik Serangan dan Pertahanan dalam Bola Voli

 

B. Jenis-Jenis Makalah

Jenis-Jenis Makalah

Makalah memiliki beberapa jenis dalam merangkai suatu karya tulis ilmiah. Jenis-jenis tersebut adalah dasar kunci yang dapat kita gunakan dalam membuat suatu karya tulis ilmiah. Berikut adalah sifat dan jenis makalah yang dapat kami jabarkan :

1. Sifat Makalah

Makalah memiliki 3 sifat tertentu yang akan memebedaka dari segi pembahasan, tujuan, hingga penjelasan mengenai makalah yang akan dibuat. Berikut adalah pembahasan tentangt sifat makalah yang dapat kami jelaskan :

a). Deduktif

Makalah Deduktif yaitu adalah, makalah yang didasarkan pada kajian teoritis yang relevan dengan suatu permasalahan yang dibahas.

b). Induktif

Makalah Induktif adalah makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif berdasarkan apa yang akan diperoleh dari lapangan, namun tetap relevan dengan pembahasan.

c). Campuran

Makalah Campuran yaitu, makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan kajian teoritir dan empiris. Maksudnya, bahwa makalah campuran ini adalah penggabungan antara makalah Deduktif dan Induktif.

 

2. Jenis Makalah Campuran

Makalah Campuran memiliki 6 jenis dalam pembahasan. Berikut yang dapat kami jabarkan :

a). Makalah Ilmiah

Makalah Ilmiah. Biasanya makalah ini membahas suatu permasalah yang ditulis dari hasil studi ilmiah. Dan jenis makalah ini tidak berdasarkan pendapat atau opini dari seorang penulis yang bersifat subjektif.

b). Makalah Kerja

Makalah Kerja. Makalah ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan penulis makalah tersebut beragumentasi dari permasalahan yang dibahas. Makalah ini didapatkan dari sebuah proses penelitian, yang lebih memungkinkan memakai opini yang bersifat subjektif dari penulis.

c). Makalah Kajian

Malakah Kajian. Isi dari makalah ini biasanya sebagai sarana pemecah suatu masalah yang bersifat kontroversial.

d). Makalah Posisi

Makalah Posisi. Istilah ini digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan suatu pihak. Memiliki fungsi sebagai alternatif pemecahan masalah yang kontroversial. Prosedur pembahasan dan penulisan dilakukan secara ilmiah.

e). Makalah Analisis

Makalah Analisis. Makalah ini bersifat objektif-empiris.

f). Makalah Tanggapan

Makalah Tanggapan. Sering digunakan sebagai tugas mata kuliah bagi mahasiswa yang isisnya merupakan reaksi terhadap suatu bacaan.

Baca Juga : Rahasia Sejarah Bola Voli Indonesia

 

C. Manfaat Makalah

Manfaat pembuatan atau penulisan makalah antara lain adalah :

  1. Belajar memahami masalah dan mencari solusinya.
  2. Menerapkan ilmu pengetahuan yang dipelajari untuk diimplentasikan di lapangan.
  3. Membuka pikiran untuk memahami permasalahan di lapangan .

Baca Juga : Rahasia Sejarah Tenis Meja Dunia

 

D. Ciri-Ciri Dalam Membuat Makalah

ciri ciri membuat makalah

Dalam membuat suatu makalah, memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat kita ketahui. Berikut adalah ciri-ciri makalah yang dapat kami jabarkan :

  1. Makalah merupakan hasil laporan pelaksanaan suatu kegiatan yang dilakukan di lapangan mengenai suatu permasalahan yang terjadi.
  2. Mendemonstrasikan pemahaman teori ataupun kemampuan dalam menerapkan prosedur-prosedur yang mempunyai kaitan dengan suatu permasalahan.
  3. Agar dapat menunjukkan kemampuan dalam memahami suatu teori ataupun sumber-sumber yang digunakan sebagai bahan untuk menyusun sebuah makalah.
  4. Serta mendemonstrasikan kemampuan menyusun berbagai macam informasi dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

1. Ciri-Ciri Makalah Menurut Alek dan Ahmad HP

a). Logis

Logis : Keterangan, uraian, pandangan dan pendapat dapat dikaji.

b). Objektif

Objektif : Mengemukakan keterangan dan penjelasan apa adanya.

c). Sistematis

Sistematis : Apa yang disampaikan disusun secara runtun dan berkesinambungan.

d). Jelas

Jelas : Keterangan, pendapat dan pandangan yang dikemukakan jelas dan tidak membingungkan.

e). Kebenaran Dapat Diuji

Kebenaran Dapat Diuji : Pernyataan, pandangan, serta keterangan yang dipaparkan dapat diuji, berdasarkan pernyataan yang sesungguhnya.

Baca Juga : Cara Memilih Bet Tenis Meja yang Berkualitas

 

E. Fungsi Makalah

Dalam pembuatan suatu makalah harus memenuhi fungsi, antara lain sebagai berikut :

  1. Untuk melatih seorang penulis agar mampu menyusun suatu karya tulis/makalah secara benar dan cermat.
  2. Memperluas wawasan keilmuan bagi para penulis.
  3. Memberikan sumbangan pemikiran, baik berupa konsep teoritis maupun dalam konsep praktis.
  4. Memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan suatu masalah tertentu.

Baca Juga : Peraturan Tenis Meja yang Harus Kamu Update

 

F. Unsur Makalah

Makalah juga memiliki unsur-unsur yang baik. berikut adalah unsur-unsur yang harus dilakukan dalam pembuatan suatu makalah :

  1. Data yang digunakan harus mempunyai validitas yang tinggi dan analisis, serta interpretasi juga harus objektif.
  2. Makalah harus mampu menunjukkan kejujuran ilmiah penulis.
  3. Penulis makalah harus menyebutkan dengan jelas sumber data dan pendapat yang digunakan dalam makalahnya.
  4. Makalah harus menggunakan bahasa yang jelas, singkat, sederhana, dan teliti. Makalah juga harus sistematis, detail dan utuh.

Baca Juga : Teknik Rahasia Pada Tenis Meja

Unsur Makalah

_______________________________________

Penutup

Nah, bagaimana? sudah jelas belum mengenai pengertian dari Makalah? hanya itulah yang dapat kami jabarkan. Jika ada kekurangan dan kesalahan dalam artikel kami. Silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Oke, cukup sekian yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat menjawab semua pertanyaan kalian. Terima Kasih Telah Membaca …!!

_______________________________________

26 Pengertian MAKALAH Lengkap, Buat Kamu MUDAH Mengerjakannya!!

 

Mari mendalami Makalah lebih dalam lagi :

2. Susunan Makalah Kuliah LENGKAP yang Diterima Dosen !! + 226 CONTOH MAKALAH. Klik Disini

 

Jangan Lupa Juga Untuk Mengunjungi Channel Kami

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: