RAHASIA Sejarah Permainan Bola Voli Yang Belum Kamu Ketahui!!

SEJARAH BOLA VOLI – Apa sih bola voli itu? Bagaimana cara memainkannya? Siapa yang membuatnya? Kapan olahraga Bola Voli ini dibuat? Kenapa membuat permainan ini? Dimana membuatnya?

Bartanya-tanya tentang permainan bola voli ini? Jangan kawatir, di blog ini akan kami bahas semua tentang permainan Bola Voli, insyaallah se-detail mungkin. Jadi jangan sungkan untuk selalu mengunjungi blog kami. Selamat membaca!!

Sejarah Bola Voli


A. Pengertian Bola Voli

Permainan Bola Voli merupakan olahraga yang sangat banyak diminat. Di negara Indonesia sendiri, permainan ini memiliki banyaknya penggemar yang bermunculan. Hal tersebut dilihat dari banyaknya pertandingan resmi bola voli serta munculnya komunitas-komunitaspenggemar baru.

APA ITU BOLA VOLI ? Bola Voli adalah permainan yang dilakukan oleh dua grup yang saling berlawanan. Masing masing grup terdiri dari enam pemain. Bukan berarti satu grup hanya ada enam pemain. Tetapi boleh lebih asalkan hanya ada eman pemain yang berada di dalam lapangan. Dan yang lainnya sebagai pemain pengganti saat waktu yang dibutuhkan.

Permainan bola voli tak hanya dimainkan oleh enam orang saja. Melainkan dapat dilakukan secara berpasangan (berdua) atau satu lawan satu. Permainan seperti itu biasa disebut dengan olahraga Voli Pantai.

Permainan Bola Voli melatih kerja sama tim serta kelincahan pada diri kita. Terutama pada tangan dan kaki.

Pengertian Bola Voli Kerja Sama Tim

Kerjasama dilakukan dengan mengumpan bola yang telah dipukul oleh lawan. Pukulan itu mengarah masuk ke area lapangan kita sehingga harus menyelamatkan bola agar tidak jatuh ke tanah.

Dan mengumpan kembali kepada teman maksimal sebanyak 3 kali untuk dapat di kembalikan. Jika lebih dari tiga kali, maka poin akan didapat oleh lawan.

Tak hanya itu, olahraga bola voli juga bertujuan untuk memepererat solidaritas antar sesama karena permainan yang dilakukan secara kelompok. Oleh karena itu, semakin banyak pemainan dan kekompakan tim akan membuat peluang kemenangan semakin besar.

Permainan olahraga Bola Voli dinaungi oleh FIVB (Federation International de Volleyball). FIVB merupakan organisasi tingkat dunia, sedangkan di Indonesia dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

 

B. Sejarah Bola Voli

William G. Morgan
William G. Morgan

Pada awalnya, permainan Bola Voli diberi nama Mintonette. Permainan ini ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani yang bernama William G. Morgan. Yang ditemukan di YMCA (Young Men’s Christian Association) pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, Massachusetts Amerika Serikat.

YMCA ini merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat kristen kepada para pemuda. Yang didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.

Setelah bertemunya William G. Morgan dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga Bola Basket), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Olahraga ini diciptakan oleh Morgan setelah empat tahun terciptanya permainan Bola Basket.

Olahraga Mintonette ini merupakan kombinasi gabungan dari beberapa jenis permainan. Yang tepatnya mengkombinasikan empat jenis olahraga, yaitu Bola Basket, Baseball, Tenis, dan Bola tangan (handball). Sehingga terbentuklah permainan Mintonette ini.

Gambar Anggota YMCA
Anggota YMCA

Pada awalnya, permainan Mintonette ini diciptakan khusus untuk para anggota YMCA yang usianya sudah tidak muda lagi. Sehingga permainan ini dimainkan tidak seaktif permainan Bola Basket. Hanya para anggotalah yang memainkan permainan ini di lingkungan mereka.

Pada tahun 1896, terjadilah pergantian nama permainan Mintonette menjadi Volleyball (bola voli). Yang didemonstrasikan pada pertandingan pertamanya di International YMCA Training School.

Dr. Luther Halsey Gulick
Dr. Luther Halsey Gulick

Pada tahun tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick seorang Director of The Profesional Physical Education Training School. Sekaligus sebagai Executive Director of Departement of Physical Education of The International Committee of YMCA. Mengundang Morgan untuk mendemonstrasikan permainan yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru.

Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield itu juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Morgan membawakan dua buah tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang.

Morgan menjelaskan bahwa permainan ini dapat dimainkan di dalam maupun diluar ruangan. Yang memiliki sasaran untuk mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi. Dan pada saat itu, permainan ini masih dapat dimainkan dengan banyak pemain.

 

C. Sejarah Induk Organisasi Bola Voli

Federation Internationale de Volleyball (FIVB)

Induk Organisasi Bola Voli Internasional dinaungi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball). Yang sekarang berkantor pusat di Lausanne, Swiss. Didirikan di paris, Perancis pada tahun 1947.

Pada akhir tahun 1940-an, beberapa federasi nasional Eropa menginginkan adanya suatu badan internasioanl tersendiri untuk olahraga Bola Voli. Yang akhirnya mengarah pada Kongres Konstitusi dengan dihadiri oleh 14 federasi nasional mewakili lima benua.

Paul Libaud
Paul Libaud

14 federasi nasional itu adalah Amerika Serikat, Belgia, Belanda, Brasil, Cekoslowakia, Italia, Hungaria, Mesir, Perancis, Polandia, Portugal, Rumania, Uruguay dan Yugoslavia. Dan terpilihlah warga negara Perancis yaitu Paul Libaud sebagai presiden pertama FIVB.

FIVB memiliki tujuan utama dalam permainan bola voli untuk mempromosikannya ke dunia. Menyatukan aturan-aturan permainan, mengadakan kompetisi internasional, dan menyertakannya ke dalam Olimpiade.

Setelah lama menunggu, terwujudlah salah satu tujuan utama FIVB dengan berdirinya kejuaran internasional Bola Voli (Kejuaraan Dunia). Yang dicapai dua tahun setelah Kongres 1947. Kemudian pada tahun 1952, permainan Bola Voli diperkenalkan dan dapat diikuti oleh kaum wanita.

International Olympic Committee (IOC)
International Olympic Committee

Pada tahun 1964, IOC (International Olympic Committee) mendukung penambahan cabang olahraga Bola Voli untuk Olimpiade. Yang dimana jumlah federasi nasional berafiliasi dengan FIVB dan tumbuh menjadi 89. Lalu diperkenalkanlah kejuaran internasional baru yaitu Piala Dunia pada tahun 1969. Dan kejuaraan ini akan merubah format kualifikasi untuk Olimpiade tahun 1991.

Suatu perubahan penting yang terjadi pada FIVB tahun 1984. Pengunduran diri presiden pertama Paul Libaud setelah 37 tahun memimpin federasi. Dan akhirnya terpilihlah Dr. Ruben Acosta sebagai presiden baru pada Kongres Dunia di Long Beach, California.

Dr. Ruben Acosta
Dr. Ruben Acosta

Di tahun yang sama, markas federasi Bola Voli dipindahkan dari Paris ke Lausanne, Swiss. Perpindahan ini dilakukan agar federasi lebih dekat dengan kantor pusat IOC.

Setelah perpindahan itu, permainan Bola Voli melakukan beberapa perubahan besar. Perubahan itu seperti adanya Rally Point System, adanya pemain Libero, aturan Let Ball in Play, dan beberapa peraturan baru yang membuat permainan ini semakin menarik.

Nah begitulah awal terbentuknya Induk Organisasi Permainan Bola Voli Dunia. Semua perubahan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan minat para penggemar dan sponsor. Dan anggota FIVB saat ini berjumlah 220 yang tersebar di lima benua: 53 di Afrika, 65 di Asia, 56 di Eropa, 34 di NORCECA dan 12 di Amerika Selatan.

 

D. Daftar lima konfederasi benua yang dipimpin FIVB :

  • Asian Volleyball Confederation (AVC) di Asia dan
  • OseaniaConfederacion Sudamericana de Voleiboll (CSV) di Amerika Selatan
  • Confederation Africaine de Volleyball (CAVB) di Afrike
  • Confederation Europeenne de Volleyball (CEV) di Eropa
  • North, Central America and Caribbean Volleyball Confederation (NORCECA) di Amerika Utara

 

World Map FIVB

 

DAFTAR PRESIDEN FIVB :

Daftar Presiden FIVB

E. Perkembangan Olahraga Bola Voli di Dunia

  • Lembaga pendidikan YMCA dimana tempat Morgan bekerja merupakan tempat pertama dimana kompetisi diadakan. Kejuaraan Bola Voli nasional pertama itu digelar pada tahun 1922.
  • Pada tahun 1929, organisasi yang menaungi permainan olahraga bola voli pun didirikan dan diketuai oleh George J. Fisher.
  • Di tahun 1961, organisasi bola voli Pakistan mengadakan kompetisi pertamnya dengan nama Morgan Cup Tournament. Kompetisi tersebut didirikan dengan tujuan untuk memberikan penghargaan terhadap William Morgan atas terciptanya permainan olahraga Bola Voli ini.

 

F. Apa Saja Sih Perlengkapan Permainan Bola Voli?

Perlengkapan standar Bola Voli terdiri dari Lapangan, Net/Jaring, dan Bola. Tentunya ukuran setiap permainan olahraga sudah ditentukan oleh Induk Organisasi tersendiri. Yang biasa disebut dengan Standar Internasional. Standar ini sudah dipertimbangkan dari berbagai pihak yang bersangkutan sehingga memberikan hasil yang maksimal dalam permainan.

1. Ukuran Standar Internasional Lapangan Bola Voli

a). Ukuran Lapangan :

  • Panjang Lapangan Bola Voli : 18 meter
  • Lebar Lapangan Bola Voli : 9 meter
  • Lebar Garis Serang : 3 meter
  • Luas Lapangan Bola Voli : 162 meter² (18m x 9m)
  • Daerah Clearance Bagian Samping : 3 – 5 meter
  • Daerah Clearance Bagian Belakang : 3 – 8 meter

Perlengkapan Bola Voli : Ukuran Lapangan Bola Voli

 

b). Ukuran Net/Jaring :

  • Tinggi net bola voli : 1 meter
  • Panjang net bola voli : 9 meter
  • Tinggi net bola voli Putra : 2.43 meter
  • Tinggi net bola voli Putri : 2.24 meter
  • Tinggi tiang net bola voli : 2.55 meter
  • Tinggi antena pada net bola voli : 80 cm diatas net
  • Jarak antara tiang net dengan garis tepi lapangan bola voli : 0.5 – 1 meter
  • Pita tepian atas net bola voli : 5 cm
  • Pita tepian samping net bola voli : 5 cm (panjang 1 meter)
  • Ukuran mata jala net bola voli : 10 cm (berbentuk persegi)

Perlengkapan Bola Voli : Ukuran Net Bola Voli

 

c). Ukuran Bola :

  • Ukuran keliling bola voli : 65 – 67 cm
  • Berat bola voli : 260 – 280 gram.
  • Tekanan bola voli : 0.30 – 0.325 kg/cm² (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).
  • Diameter bola voli sekitar : 18 – 20 cm

Tetapi ukuran Lapangan Bola Voli ada versi kecilnya. Yang dimana lapangan itu dimainkan untuk anak-anak mulai dari usia 9 sampai 13 tahun. Dan pemainnya pun hanya 2 sampai 4 orang saja. Berbeda dengan permainan Bola Voli yang biasanya memakai 6 pemain.

Pemain Bola Voli juga lebih baik memakai perlengkapan/aksesoris yang dibutuhkan dalam pertandingan. Agar pemain dapat meminimalisir cedera saat permainan sedang berlangsung. Dan juga memakai perlengkapan khusus agar permainan berlangsung lebih maksimal.

2. Aksesoris / Perlengkapan Pemain Bola Voli

a). Kaos dan Celana Pendek

Kaos dan celana pendek olahraga bola voli harus digunakan oleh semua pemain. Kaos dan celana pendek tersebut harus memiliki warna dan motif yang sama dengan semua pemain kecuali Libero (coraknya harus berbeda). Dan juga kaos dan celana harus memiliki nomer dari 1 sampai 20 sebagaimana dalam Peraturan Permainan Bola Voli Internasional.

Perlengkapan Bola Voli : Kaos dan Celana Pendek

 

b). Sepatu Khusus Permainan Bola Voli

Dalam suatu pertandingan resmi, pemain wajib memakai sepatu bola voli. Sepatu untuk bola voli didominasi oleh beberapa merk yaitu Mizuno, Nike, Asics, dan merek-merek lain. Sepatu khusus ini biasanya lebih ringan daripada sepatu-sepatu pada umumnya. Sehingga pemain dapat melakukan loncatan yang maksimal.

Perlengkapan Bola Voli : Sepatu Bola Voli

 

c). Deker Lutut / Kneepad

Deker lutut ini mempunyai peranan untuk menjaga sendi pada lutut. Dan juga agar lebih kuat dalam menopang pemain ketika melakukan lompatan. Sering di jumpai dari setiap pemain bola voli adalah cedera pada lutut saat melakukan lompatan. Biasanya cedera ini memakan waktu cukup lama untuk sembuh. Bahkan resiko yang paling parah, cedera tersebut menjadi kamduhan.

Perlengkapan Bola Voli : Deker Lutut/Kneepad

 

d). Deker Siku / Elbow

Deker siku ini berguna untuk melindungi siku pemain saat melakukan penyelamatan bola. Penyelamatan bola yang sampai harus terjatuh agar dapat terus menggerakkan bola hingga kembali ke daerah lawan. Untuk itulah deker siku ini penting untuk melindungi siku dari benturan ke tanah.

Perlengkapan Bola Voli : Deker Siku/Elbowpad

 

e). Pelindung Ruas Jari

Pelindung ruas jari ini berguna saat pemain bola voli melakukan blocking. Karena biasanya pukulan lawan (smash) tanpa sengaja membentur ujung jari. Oleh karena itulah, pelindung ini digunakan supaya dapat meminimalisir cedera pada jari.

Biasanya yang sering sekali terkena benturan adalah jari manis dan jari kelingking. Karena kedua jari tersebut tidak terlalu kuat untuk menahan pukulan bola (smash). Pelindung sederhana dapat dilakukan dengan menyatukan jari manis dan jari kelingking dengan plester. Dengan cara ini akan memperkecil resiko cedera pada jari.

Perlengkapan Bola Voli : Pelindung Ruas Jari

 

Video Terkait : Top 5 Longest Rally Volleyball

*NB : Untuk mendalami tentang dasar-dasar dari permainan olahraga Bola Voli, anda bisa pilih menu “Informasi” diatas.

_________________________________________

Penutup

Nah itulah perlengkapan/aksesoris yang lebih baik digunakan saat pertandingan. Semua itu demi memberikan yang terbaik hingga dapat lebih maksimal dalam permainan.

Terimakasih telah mengunjungi blog kami. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat menjawab semua pertanyan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

_________________________________________

RAHASIA Sejarah Bola Voli Yang Belum Kamu Ketahui!!

 

 

Jangan Lupa Juga Untuk Mengunjungi Channel YouTube Kami

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: