RAHASIA Sejarah Permainan Tenis Meja Yang Belum Kamu Tahu!!

SEJARAH TENIS MEJA – Seperti yang kita ketahui bahwa setiap kehidupan memiliki sebuah sejarah. Sejarah yang berharga atas berdirinya sesuatu yang akan didirikan kemudian harinya.

Dan seperti yang kalian lihat, judul dalam artikel ini akan membahas sejarah tenis meja yang blum kalian ketahui. Mulai dari pengertian Sejarah dan juga akan kami berikan perlengkapan standar pada permainan ini. Oke, Lets Check it Out ….!!

RAHASIA Sejarah Tenis Meja Yang Belum Kamu Tahu!!


A. Pengertian Permainan Tenis Meja

Pertandingan Tunggal
Pertandingan Tunggal

Tenis Meja atau Ping-pong adalah suatu olahraga yang dimaikan oleh 2 orang atau 4 orang. Jika dimankan oleh dua orang, biasa disebut sebagai Pertandingan Tunggal. Dan jika dimainkan oleh 4 orang, disebut sebagai Pertandingan Ganda.

Permainan ini menggunakan raket yang terbuat dari sebuah papan kayu yang telah di bentuk. Kayu tersebut dilapisi oleh sebuah karet pada bagian belakang dan depan. Dalam permainan tenis meja, raket ini disebut dengan Bet.

Pertandingan Ganda
Pertandingan Ganda

Perminan ini juga dimainkan di tempat khusus yaitu di atas sebuah meja berbentuk persegi panjang. Meja yang telah dibentuk sesuai ukuran standar permainan. Dan juga terpasangnya sebuah net berada di bagian tengah meja, sebagai perbatasan wilayah pemain dengan lawan.

Baca Juga : Pengertian Permainan Bulu Tangkis/Badminton

 

B. Sejarah Permainan Tenis Meja

B. Sejarah Permainan Tenis Meja

Permainan Tenis Meja pertama kali dibuat pada abad ke-19 tepatnya di negara Inggris. Pada saat itu juga, permainan ini hanya dimainkan oleh para orang-orang kelas atas sebagai permainan indoor setelah makan malam.

Tenis Meja mempunyai beberapa nama seperti Ping-pong, Gossima dan Whiff-Whaff. Permainan ini pertama kali dikembangkan oleh tentara inggris di India atau Afrika selatan. Lalu setelah itu mereka membawanya kembali ke negara asal mereka (Inggris).

Saat itu bola tenis meja belum ada sehingga para pemain memainkannya dengan meletakkan buku di tengah meja sebagai net, memegang buku sebagai pemukul/bet, dan menggunakan bola golf sebagai bola tenis meja.

 

1. Pingpong

John Jaques
John Jaques

Nama “Ping-pong” telah digunakan hampir di semua negara. Yaitu pada saat perusahaan Inggris J. Jaques & Son Ltd belum menjadikannya sebagai merek dagang pada tahun 1901.

Situasi dimana Jaques menjual hak nama “Ping-pong” kepada Parker Brothers di Amerika Serikat. Lalu Parker Brothers menjadikannya sebagai merek dagang di tahun 1920-an. Dan mengubah Organisasi lainnya menjadi “Table Tennis” dari pada menggunakan nama pada umumnya (ping-pong).

 

 

2. Inovasi

James W. Gibb
James W. Gibb

Inovasi besar berikutnya dilakukan oleh James W. Gibb (pencinta tenis meja). menemukan bola celluloid dalam perjalanannya menuju Amerika Serikat pada tahun 1901.

Diikuti juga oleh E. C. Goode pada tahun yang sama menciptakan karet bet dengan diberi bintik pada bagian belakangnya.

Permainan Tenis meja mulai dikenal pada tahun 1901 karena diadakannya sebuah turnamen, buku yang menuliskan tentang tenis meja dan kejuaraan yang tidak resmi. Hal berikut memberikan kepopulerannya tenis meja pada abad itu.

Sebelumnya pada awal tahun 1900-an, perminan tenis meja dilarang dimainkan di negara Russia. Mengapa demikian? karena penguasa pada zaman itu percaya bahwa tenis meja akan memberikan efek negatif kepada daya penglihatan para pemain.

Pada tahun 1921, terbentuklah sebuah Asosiasi Tenis Meja yaitu “Table Tennis Association (TTA) di negara Inggri. Lalu dikuti dengan berdirinya “International Table Tennis Federation (ITTF) pada tahun 1926.

Kota london menjadi tuan rumah dalam kejuaran dunia resmi pertama pada tahun 1926. Lalu pada tahun 1933, terbentuklah asosiasi tenis meja di Amerika.

Perkembangan tenis meja pada tahun 1950-an, bet yang menggunakan karet pada sisi depan dan belakang di tambahkan sebuah gabus pada setiap sisi. Gabus itu di tempelkan pada bagian antara karet dan Kayu.

Gabus ini mengubah permainan secara dramatis. Meningkatkan kecepatan dan perputaran pada bola. Memberikan pantulan pada bola semakin besar, sehingga pemain dapan meluncurkan bola dengan lebih cepat.

Akhirnya tenis meja diperkenalkan sebagai Cabang Olimpiade pada tahun 1988.

Baca Juga : Sejarah Permainan Bulu Tangkis/Badminton

 

C. Perlengkapan Permainan Tenis Meja

1. Bet/Pemukul

1. Bet/PemukulBet/Pemukul merupakan alat utama yang digunakan untuk memukul bola dalam permaian. Pada mulanya, hanya dipakaikan sebuah busa/spon, yang kemudian mengalami perubahan pada masa 30 tahun terakhir.

Bet dalam permainan tenis meja memang memiliki ciri yang khas. Bet ini pastinya sangat penting dalam permainan, tanpa bet kita takkan dapat memukul bola bahkan mengikuti pertandingan.

Bentuk bet lebih bundar dari pada raket dan memiliki pegangan kecil yang hanya muat pada 1 kepalan tangan. Bet juga terbuat dari kayu yang telah di haluskan sehingga karet yang akan ditempel pada bet dapat dilepas kembali.

Karet dalam bet memiliki tipe-tipe dasar, diantaranya adalah Inverted, Pips-Out, Hard Rubber, Long Pips dan Atisipin.

 

2. Bola

BolaSecara tradisional, bola-bola tenis meja dibuat dari bahan celluloid dan pada perkembangan bola disempurnakan menjadi superball yang terbuat dari serpihan plastik.

Standar yang diberikan oleh ITTF adalah dengan memiliki ukuran 2.74 meter berbentuk bulat, berwarna orange dan terbuat dari bahan celluloid.

 

3. Pakaian

3. PakaianPakaian dalam hal seragam memanglah sangat dibutuhkan. Dalam permainan ini tidak diberikan kriteria khusus, tetapi lebih baik memakai pakaian khusus dalam menjalankan permainan ini. Tetapi agar lebih baiknya, agar tidak  menggunakan pakaian yang sempit. Supaya badan dapat digerakkan secara bebas saat mengambil bola.

 

 

 

4. Meja

Meja Tenis mejaTentu saja dalam permainan harus adanya lapangan yang akan dipakai. Meja tenis ini memiliki meja khusus yang telah dibuat dengan kriteria standar permainan.

Kriteria yang harus dipenuhi dalam sebuah meja tenis yang pertama adalah terbuat dari bahan yang keras. Meja yang keras akan memberikan pantulan yang bagus, sehingga akan lebih menikmati jalannya permainan.

Standar ukuran meja yang dapat digunakan adalah dengan panjang 2.74 meter dengan lebar 1.52 meter dan tinggi 76 senti meter. Dan juga memiliki permukaan yang halus agar pantulan bola tetap stabil.

 

5. Net

Net Tenis mejaNet berfungsi sebagai pembagi lapangan yang memberikan batas antara wilayah pemain dengan lawan. Tanpa adanya net ini, permainan tidak akan menyenangkan.

Untuk memilih net yang baik, anda harus mengetahui kriteria standar yang telah ditetapkan dengan lebar 183 cm dan memiliki tinggi 15.25. Standar ini pastinya telah banyaknya uji coba yang dilakukan.

Baca Juga : Perlengkapan Permainan Bulu Tangkis/Badminton

 

Video Hiburan Tenis Meja : Table Tenis Best of March 2017

*NB : Untuk mendalami tentang dasar-dasar dari permainan olahraga Tenis Meja, anda bisa pilih menu “Informasi” diatas.

_________________________________________

Penutup

Oke, itulah sejarah permainan Tenis Meja yang dapat kami jabarkan. Jika ada kekurangan dalam artikel kami, silahkan komen dibawah agar kami dapat memperbaiki kekurangan tersebut.

Kami ucapkan terimakasih telah mengunjungi Blog kami. Semoga apa yang kami sampaikan dapat menjawab semua pertanyaan yang ada di pikiran kalian. Terima kasih!!

_________________________________________

RAHASIA Sejarah Permainan Tenis Meja Yang Belum Kamu Tahu!!

 

Jangan Lupa Juga Untuk Mengunjungi Channel YouTube Kami

2 pemikiran pada “RAHASIA Sejarah Permainan Tenis Meja Yang Belum Kamu Tahu!!”

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: