4 Teknik Dasar dengan 17 Teknik RAHASIA Dalam Permainan Bola Voli!!

TEKNIK DASAR BOLA VOLI – Setiap permainan memiliki teknik dasar tersendiri yang dapat memberikan kemudahan dalam bermain. Dan juga teknik-teknik tersebut pastinya tidak asal dibuat meliankan telah didiskusikan oleh organisasi yang terkait.

Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan kami jabarkan teknik-teknik dasar permainan bola voli secara lengkap. Oke, Selamat Membaca!!Teknik Dasar Bola Voli


A. Posisi Pemain Bola Voli

Dalam setiap olahraga memiliki posisi tertentu yang dapat memberikan keserasian dalam permainan. Seperti dalam permainan bola voli ini, ada 4 macam nama posisi yang harus kita ketahui.

1. Posisi Setter

1. Posisi Setter
Setter

Apa itu setter? Setter adalah posisi pemain yang sangat dibutuhkan dalam hal mengumpan bola. Bola yang di umpanpun akan selalu tepat pada sasaran karena kebanyakan hanya berlatih mengumpan.

Walaupun setter posisi sebagai pengumpan bola, bukan berarti tak dapat melakukan yang smash dan yang lainnya. Kadang saat bola berada di posisi yang menguntungkan, setter bisa saja mengumpan atau bahkan langsung memukul bola ke daerah lawan. Semua ini demi mendapatkan poin dalam pertandingan.

 

2. Posisi Spiker

2. Posisi Spiker
Spiker

Spiker, spiker adalah pemain yang memukul bola/smasher. Posisi ini digunakan sebagai senjata dalam pertandingan. Pukulan yang keras memberikan tekanan pada lawan yang menerimanya. Sehingga bola tak dapat di pantulkan dengan normal.

 

 

 

3. Posisi Libero

3. Posisi Libero
Libero

Bagaimana dengan Libero? Dalam pertandingan, posisi Libero tak dapat melakukan pukulan smash dan melakukan serve. Tetapi, posisi ini sangat berarti pada saat lawan melakukan servis dan pukulan smash.

Disanalah posisi Libero sebagai penerima bola yang handal dari pada pemain yang lainnya. Bola yang diterimanya akan memantul sangat akurat karena posisi ini dilatih agar selalu dapat mengumpan bola dengan sempurna.

Dan juga karena posisi Libero tidak terlalu mencolok, dibuatlah aturan agar Libero memakai baju yang berbeda warna dari pemain di timnya.

 

4. Posisi Middle Blocker

4. Posisi Middle Blocker
Middle Blocker

Middle Blocker, memposisikan dirinya berada di tengah depan. Dan juga posisi ini bisa dikatakan akan selalu berada di posisi depan. Karena tugas seorang Middle Blocker adalah menjaga pertahanan dari serangan smash lawan. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang pemain yang tinggi agar dapat memblokir bola dengan akurat.

Baca Juga : Teknik Dasar Tenis Meja

 

 

B. Teknik Dasar Bola Voli

Teknik dasar bola voli yang kami jabarkan terdapat 4 macam : Serve, Passing, Smash, dan Block. Teknik dasar ini sangat di perlukan karena dari sinilah menariknya perminan bola voli. Berikut adalah teknik dasar permainan bola voli.

1. Servis

Teknik servis permainan bola voli tebagi menjadi dua, yaitu servis atas dan servis bawah. Teknik servis ini telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Tetapi, untuk artikel ini akan membahas secara detail teknik-teknik servis yang sering di gunakan dalam permainan profesional.

a). Servis Bawah

Yang pertama adalah servis bawah. Servis bawah adalah cara yang paling mudah dan paling dasar dalam melakukan servis. Cara melakukan servis ini adalah sebagai berikut :

  1. Yang pertama kita berdiri  di bagian belakang garis lapangan dengan membawa  sebuah bola. Lalu posisikan kaki kiri berada di depan kaki kanan.
  2. Pegang bola voli dengan tangan kiri berada agak jauh di depan dada.
  3. Ayunkan tangan kanan kebelakang dan lemparkan bola voli sedikit ke atas.
  4. Ayunkan kembali tangan kanan kedepan dan pukul bola voli dari bawah.
  5. Berikan tenaga ayunan dan pukulan yang cukup agar bola voli sampai melebihi net dan jatuh pada daerah lawan.

    a). Servis Bawah
    Teknik Servis Bawah Bola Voli

Servis bawah dalam permainan olahraga bola voli juga memiliki beberapa variasi. Variasi ini diciptakan oleh para pemain tersendiri yang mereka kembangkan. Berikut adalah perkembangan servis bawah pada bola voli :

1). Meteor Serve

Meteor Serve, nama ini kami ambil dari gaya lesatan bola yang melambung tinggi. Servis ini jarang di gunakan dalam permainan dalam ruangan karena tidak terlalu berpengaruh. Tetapi sangat berpengaruh pada permainan bola voli pantai.

Pengaruh pada voli pantai dikarenakan adanya cahaya matahari berada di atas kita. Sehingga pada saat bola melambung ke atas, bola tidak terlihat karena adanya cahaya matahari yang membuat silau pada mata.

Cara melakukan servis ini cukup sederhana namun di perlukan ketepatan pukulan sehingga bola tidak melambung keluar lapangan. Caranya dengan memukul bagian bawah bola sekuat tenaga hingga bola melambung tinggi.

 

2). Side Serve

Side Serve, nama ini di ambil dari gaya pemain memukul bola. Pukulan yang dilakukan secara horizontal atau menyamping. Pukulan dengan cara ini membuat laju bola lebih cepat dari pukulan bawah biasa.

 

3). Spin Meteor Serve

Spin Meteor Serve, nama ini diambil dari putaran yang membuat bola melaju berbelok ke bawah. Pukulan ini hampir sama dari Meteor Serve tetapi tidak terlalu melambung tinggi. Servis ini mengandalkan kekuatan putaran bola yang di pukul oleh pemain.

Cara melakukan servis ini dengan memiringkan badan ke kanan (untuk yang memakai tangan kanan). Lalu memukul dari kanan bawah bola sehingga bola melambung dan berputar searah laju bola.

 

b). Servis Atas

Yang kedua adalah servis atas. Servis ini adalah cara yang agak sulit untuk mengarahkan bola. Servis ini harus dilakukan dengan memperkirakan waktu yang tepat untuk memukul. Dan servis atas ini sering dipakai para pemain pro di dunia. Berikut adalah cara melakukan servis atas :

  1. Seperti sebelumnya, kita berdiri di belakang garis lapangan dengan membawa bola. Dan posisikan kaki kiri berada di depan kaki kanan.
  2. Pegang bola voli dengan tangan kiri agak jauh di depan dagu.
  3. lemparkan bola voli kira-kira 1 meter ke atas dan ayunkan tangan kanan kebelakang kepala dengan tangan menekuk.
  4. Kaki kanan melangkah kedepan untuk memberikan dorongan. Dan pukul bola voli di atas kepala disaat waktu yang tepat.

    b). Servis Atas
    Teknik Servis Atas Bola Voli

Servis atas juga memiliki teknik variasi tertentu. Teknik ini bahkan sering digunakan para pemain profesional dalam pertandingan internasional seperti di FIVB. Berikut adalah jenis-jenis servis atas pada Bola Voli.

1). Jump Serve

Jump Serve, nama ini diambil dari cara pemain memukul bola dengan melompat. cara melakukan servis ini bisa dikatakan sangat sulit karena membutuhkan waktu yang tepat dalam melempar dan memukul bola. Oleh karena itu, servis ini membutuhkan latihan yang cukup agar dapat melakukannya.

Servis ini sering juga digunakan karena dapat memberikan tekanan yang begitu kuat ketika lawan menerimanya. Menerima teknik servis ini agak sulit untuk dapat memantulkan bola secara normal.1). Jump Serve

 

2). Jump Serve Ace

Jump Serve Ace, sama dengan teknik servis di atas. Namun servis ini lebih kuat dari teknik servis sebelumnya. Nama servis ini di ambil dari nama posisi pemain di dalam lapangan. Yaitu Ace (pemain yang memiliki kekuatan pukulan smash yang sangat kuat).

Cara melakukannya juga sama seperti sebelumnya. Hanya saja kekuatan pukulan yang di berikat hampir setara dengan pukulan saat smash. Cara servis ini sangat berarti bagi tim, karena dari servisnya yang kuat membuat lawan kesusahan menerimanya.

 

3). Float Serve

Float Sreve, nama ini di ambil dari laju bola yang mengapung. Servis ini tidak membutuhkan kekuatan yang besar. Hanya saja di lakukan dengan pukulan yang dapat membuat bola melaju tanpa berputar.

Teknik servis ini agak sulit dilakukan. Akan tetapi, servis ini dapat membuat perubahan laju  bola saat mencapai di depan pemain lawan. Kadang bola akan berbelok secara tiba-tiba yang membuat pemain lawan salah meletakkan tangan ketika ingin memantulkannya.

Cara melakukan servis ini dengan mendorong bola dengan telapak tangan. Ayunkan tangan ke belakang kepala lalu pukul bola dengan telapak tangan. Pastikan bola melaju tanpa berputar.3). Float Serve

 

4). Jump Float Serve

Jump Float Serve, tidak berbeda dari sebelumnya hanya di tambahkan dengan loncatan. Loncatan ini berguna sebagai dorongan tambahan untuk laju bola.

 

5). Spin Serve

Spin Serve, seperti namanya yaitu berputar. Perputaran arah bola akan sangat mempengaruhi pukulan servis. Perputaran bola pada servis akan memberikan tekanan yang berbeda kepada lawan yang menerima. Dan juga di butuhkan tenaga besar untuk memukul bola. Berikut adalah cara membuat laju bola berputar.

Putaran ke kanan

Cara memukul bola agar putarannya mengarah ke kanan dengan memukul pada bagian kiri belakang bola. Dengan begitu bola akan berputar searah jarum jam.

Putaran ke kiri

Cara memukul bola agar putarannya mengarah ke kiri dengan memukul pada bagian kanan belakang bola. Dengan begitu bola akan berputar berlawanan searah jarum jam.

Putaran ke bawah

Cara memukul bola agar putarannya mengarah ke bawah dengan memukul pada bagian tengah ke atas bola. Dengan begitu bola akan berputar ke bawah.

 

2. Passing

Dari seluruh teknik dasar bola voli, passing adalah salah satu hal yang paling penting dalam permainan. Tanpa melatih teknik dasar ini, bola akan susah di posisikan ke arah yang diinginkan.

Passing dibagi menjadi dua, Passing Atas dan Passing Bawah. Berikut adalah penjelasan mengenai passing atas dan passing bawah :

a). Passing Atas

Passing Atas, dilakukan dengan mengangkat kedua tangan di atas kepala. Passing ini dilakukan ketika bola berada di atas kepala. Dengan begitu bola akan lebih mudah di jangkau.

Cara melakukan teknik passing atas ini cukup sederhana. Angkat kedua tangan ke atas kepala dan pantulkan bola dengan dorongan kedua tangan. Dorongan ini dilakukan menggunakan tiga jari tetapi jangan terlalu lama untuk memegangnya.

Dalam peraturan Bola Voli, waktu yang di berikan untuk mendorong bola pada passing atas hanyalah 1 detik. Dan juga dorongan bola dilakukan dengan halus tanpa adanya suara pukulan bola.a). Passing Atas

 

b). Passing Bawah

Passing Bawah, dilakukan dengan cara menyatukan dan mengulurkan kedua tangan ke depan. Passing ini dilakukan ketika bola berada di bawah kepala.

Cara melakukan teknik passing bawah ini juga cukup sederhana. Letakkan telapak tangan kiri di bawah telapak tangan kanan, lalu letakkan kedua jempol berada di atas telapak tangan kanan. Setelah itu luruskan kedua tangan kedepan.

Lalu berdiri dengan posisi kukda-kuda. Saat bola datang, turunkan badan kebawah lalu angkat badan ketika bola datang dan pantulkan.Ccobalah memantulkan bola dengan seimbang lurus ke atas.b). Passing Bawah

 

c). Receive

Receiveini bukanlah teknik dasar passing. Namun, teknik ini adalah nama teknik passing yang di gunakan dalam menerima bola. Menerima bola dari atas maupun dari bawah. Seperti contohnya dalam menerima servis dari pemain lawan.

 

3. Smash

Apa itu smash? Smash adalah senjata penting dalam permainan bola voli. Dengan melakukan smash, lawan akan kesusahan dalam menerima bola.

Smash adalah pukulan yang di lakukan pemain ketika bola berada tinggi di atas kepala. Pukulan itu di berikan kepada lawan agar dapat mencetak poin dalam permainan. Smash juga memiliki beberapa variasi. Berikut adalah variasi-variasi yang di lakukan dalam permainan :

a). Quick Smash / First Tempo

Quick Smash / First Tempo, ini adalah teknik ketika pemain telah lompat dan bersiap memukul di atas net. Dan pemain lain mengumpankan bola sedikit di atas net tepat berada di depan pemain yang akan memukul.

Bisa dikatakan ini adalah smash dadakan yang membuat pemain lawan tidak siap untuk menerima pukulan.a). Quick Smash / First Tempo

 

b). Pull Smash

Pull Smash, teknik ini dilakukan seperti Quick Smash. Tetapi umpan bola agak lebih tinggi dan pemain yang akan memukul menunggu di bawahnya. Menunggu waktu yang tepat untuk memukul bola.

Teknik ini dilakukan sebagai tipuan dari Quick Smash sebelumnya. Karena lawan berfikir bahwa pemain itu akan melakukan Quick Smash. Padahal yang terjadi adalah pemain melakukan Pull Smash.

 

c). Semi Smash / Second Tempo

Semi Smash / Second Tempo, teknik ini dilakukan saat setter mengumpan, dan spike berlari ke tempat turnnya bola. Dan pada saat itulah spiker memukul bola.

 

d). Push Smash / Third Tempo

Push Smash / Third Tempo, spiker menunggu bola yang di umpan oleh setter. Setter mengumpan bola lebih tinggi. Dan pada saat yang tepat, spike berlari mengejar arah bola dan memukul di waktu yang tepat.

 

e). Open Smash

Open Smash, teknik yang di pukul oleh pemain yang berada di belakang garis serang. Bola diumpankan tinggi tepan berada di atas batas garis serang. Lalu pemain yang berada di belakang memukul. dan bola melaju secara parabola.

 

f). Ace Smash

Ace Smash, hanya dilakukan oleh pemain tertentu yang dapat memukul bola dengan akurasi pukulan yang sempurna. Ace ini adalah gelar bagi spiker yang memiliki akurasi  memukul bola dengan bagus. Dan bisa dikatakan bahwa Ace adalah senjata bagi tim.

 

4. Block

Apa itu Block? Seperti dari artinya yaitu menahan spike lawan agar tidak dapat melewati net. Block ini sangat berguna dan dapat membuat lawan frustasi. Karena pukulan lawan tidak dapat melewati net, melainkan kembali ke dalam daerah lawan sendiri.

Block ini dapat dilakukan dengan 1-3 orang pemain yang berada di posisi depan. Biasanya, posisi ini diberikan kepada pemain yang bertubuh tinggi. Agar mudah dalam menghalangi pukulan bola lawan.4. Block

 

C. Jumlah Wasit Dalam Pertandingan Bola Voli

Dalam setiap pertandingan memerlukan beberapa hakim yang dapat menengahi permainan. Hakim dalam setiap permainan olahraga biasa disebut dengan Wasit. Lalu berapa wasitkah yang diperlukan dalam permainan bola voli?

1. Wasit Garis / Linesman

Wasit Garis / Linesman, posisi wasit ini sebagai penjaga garis luar lapangan bola voli. Agar saat bola menyentuh tanah lapangan, wasit dapat memberikan keterangan, apakah bola itu keluar atau masuk.

Tanda-tanda yang di pakai wasit ini adalah dengan mengangkat dan menurunkan bendera yang ia pegang. bendera naik berarti keluar dan bendera turun berarti masuk. Dibutuhkan 4 Linesman di setiap pojok garis lapangan.

1. Wasit Garis / Linesman

 

2. Wasit Utama

Wasit Utama, ini adalah wasit penengah dalam permainan. Wasit inilah yang menentukan semua jalannya pertandingan dari poin, pelanggaran, dan lain sebagainya.2. Wasit Utama

 

D. Footwork dan Diving

Perlu diketahui bahwa dalam gerakan bola voli memiliki teknik tertentu yang dapat memudahkan pergerakan. Seperti yang tertera pada judul di atas, berikut adalah pengertian Footwalk dan Diving :

1. Footwork

Footwork, ini adalah teknik pergerakan kaki pemain untuk dapat menjangkau datangnya bola. Gerakan ini dilakukan dengan kuda-kuda. Jika posisi pemain berada di bagian kiri, maka kaki kiri di depan dan kaki kanan agak kebelakang.

Pergerakan ke depan dilakukan dengan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu. Dan jika ingin bergerak ke samping, kuda-kuda tetap di pakai dan bergeraklah.1. Footwork

 

2. Diving

Apa itu Diving? diving digunakan pada saat bola terlalu jauh dari pemain, sehingga pemain harus melompat ke arah bola dengan meluncur. Oleh karena itu, teknik ini dipakai agar pemain tidak terluka saat meluncur. Dan tentunya teknik ini harus selalu di latih agar tidak menimbulkan cedera.

Teknik diving ini lebih baik di gunakan saat bermain di dalam ruangan. karena dada akan mengenai tanah sehingga membutuhkan tanah yang halus untuk meluncur.

Cara mempelajarinya dengan melompat kedepan dan jatuhkan tangan terlebih dahulu. Lalu dorong permukaan tanah ke belakang sehingga badan meluncur kedepan. Seperti yang diterangkan bahwa melakukan diving membutuhkan latihan agar dapat melakukannya.2. Diving

Baca Juga : Rahasia Sejarah Bola Voli Dunia
Baca Juga : 6 Peraturan Bola Voli Terbaru 2017

*NB : Untuk mendalami tentang dasar-dasar dari permainan olahraga Bola Voli, anda bisa pilih menu “Informasi” diatas.

_________________________________________

Oke, itulah teknik-teknik yang dapat kami jabarkan. Jika ada kekurangan, silahkan komen dibawah agar kami dapat memperbaiki kekurangan tersebut.

Kami ucapkan terimakasih telah mengunjungi Blog kami. Semoga apa yang kami sampaikan dapat menjawab semua pertanyaan yang ada di pikiran kalian. Terima kasih!!

_________________________________________

4 Teknik Dasar dengan 17 Teknik RAHASIA Dalam Permainan Bola Voli!!

 

Jangan Lupa Juga Untuk Mengunjungi Channel YouTube Kami

2 pemikiran pada “4 Teknik Dasar dengan 17 Teknik RAHASIA Dalam Permainan Bola Voli!!”

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: