5+ Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis / Badminton SINGKAT !!

TEKNIK DASAR BULU TANGKIS – Teknik dasar merupakan suatu materi yang harus kita pahami sebelum memainkan permainan tersebut. Jika kita tidak mengetahui teknik dasar dalam permainan tersebut akan memberikan kekalahan dalam setiap pertandingan.

Oleh karena itu, disini kami akan menjabarkan teknik-teknik dasar yang harus kita pahami sebelum mamainkan permainan Bulu Tangkis/Badminton ini. Oke, Selamat Membaca …!!

5+ Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis Badminton SINGKAT !!


A. Teknik Cara Memegang Raket

Dalam sebuah permainan bulu tangkis ada berbagai macam cara untuk memegang raket. Dalam masalah ini akan kami jelaskan 4 cara memegang sebuah raket permainan bulu tangkis. Berikut adalah penjelasannya :

1. Fore Hand Grip

Fore Hand Grip
Fore Hand Grip

Teknik Fore Hand adalah teknik pukulan depan dalam mengayunkan sebuah raket. Teknik ini digunakan untuk memukul kok dari arah depan. Beriku adalah cara memegang raket dengan teknik Fore Hand :

  1. Posisikan kepala raket menyamping.
  2. Peganglah raket seperti layaknya sedang bersalaman dengan orang lain.
  3. Diantara telunjuk dan ibu jari terdapat jarak yang membentuk huruf V.
  4. Jari yang lain (jari kelingking, manis, dan tengah) memnggenggam raket.

 

2. Back Hand Grip

Back Hand Grip
Back Hand Grip

Teknik Back Hand dalam permainan bulu tangkis sama halnya seperti teknik memegang Fore Hand. Hanya saja memiliki sedikit perbedaan yang dimana posisi ibu jari dan telunjuk berada lebih dekat. Berikut adalah cara memegang raket dengan teknik Back Hand :

  1.  Posisikan kepala raket menyamping.
  2. Posisi ibu jari dengan ke-empat jari lainnya sedikit terpisah.
  3. Ke-empat jari lainnya (jari telunjuk, tengah, manis, dan kelingking) memegang raket.

 

3. Combination Grip

Combination Grip adalah gabungan antara teknik Fore Hand Grip dan Back Hand Grip. Teknik Combination Grip ini memiliki keuntungan lebih mudah dalam menyesuaikan arah datangnya bola/kok. Berikut adalah cara memegang raket dengan teknik Combination Grip :

  1. Posisikan raket dalam keadaan miring/menyamping.
  2. Letakkan jari telunjuk menghadap pada daun raket.
  3. Ke-empat jari lainnya (jari jempol, tengah, manis, dan kelingking) memegang raket.

 

4. American Grip

American Grip
American Grip

Teknik memegang ini lebih efektif dalam melakukan pukulan smash, terutama jika bola/kok berada di depan net. Tak hanya itu, teknik ini juga sering digunakan atau bahkan di unggulkan para pemain. Sehingga pemain dapat mengarahkan laju bola ke kanan maupun kekiri dengan mudah.

Namun uga perlu kita ketahui bahwa tejnik ini juga memiliki kelemahan. Yaitu pada saat bola berada pada sisi kanan maupun kiri pemain, dan juga dalam melakukan pukulan Back Hand.

Cara memegang dalam teknik American Grip cukup mudah. Peganglah seperti layaknya memegang sebuah alat pengebas kasur. Hingga pukulan Fore Hand akan sangat kuat tetapi pukulan Back Hand akan menjadi lemah.

 

B. Teknik Cara Memukul

Teknik cara memukula dalam permainan bulu tangkis ada 2, yaitu pukulan atas dan pukulan bawah. Pukulan-pukulan tersebut juga memiliki 2 tipe pukulan yang akan di gunakannya. Berikut adalah penjelasan mengenai teknik cara memukul pada permainan bulu tangkis :

1. Pukulan Atas

Pukulan atas, tentu saja pukulan ini dilakukan pada saat bola berada lebih tinggi dari pinggang. Pukulan atas memiliki 2 tipe cara memukul :

a). Pukulan Fore Hand

Seperti pada namanya, pukulan Fore Hand tentunya digunakan pada saat bola/kok berada di samping kanan pemain (jika pemain memegang raket dengan tangan kanan, dan sebaliknya).

b). Pukulan Back Hand

Sama seperti pukulan Fore Hand, hanya saja jika posisi bola/kok berada di kiri pemai (jika pemain memegang raket dengan tangan kanan, dan sebaliknya).Pukulan Atas

 

2. Pukulan Bawah

Pukulan bawah juga memiliki 2 tipe dalam memukul, hanya saja cara memukulnya ketika bola/kok berada pada posisi di bawah pinggang. Berikut adalah teknik memukul pada pukulan bawah :

a). Pukulan Fore Hand

Tidak jauh berbeda dari teknik pukulan sebelumnya, hanya saja pukulan ini dilakukan pada saat bola berada di kanan bawah (jika pemain memegang raket dengan tangan kanan, dan sebaliknya).

b). Pukulan Back Hand

Sama seperti pukulan Fore Hand, hanya saja pada saat posisi bola/kok berada di kiri bawah pinggang pemain (jika pemain memegang raket dengan tangan kanan, dan sebaliknya).Pukulan Bawah

 

C. Teknik Dasar Footwork

dalam permainan bulu tangkis, tak hanya pukulan saja yang harus diperhatikan. Melainkan juga dengan keahlian dasar atau basic skill yang harus dimiliki yakni adalah kelincahan dalam permainan.

Pada teknik footwork atau gerakan kaki adalah teknik dasar pergerakan yang harus kita ketahui. Tentu saja teknik ini digunakan untuk perpindahan pemain agar dapat menjangkau bola/kok yang telah dikembalikan oleh lawan.

Berikut adalah video dari Teknik Footwork :

 

D. Sikap dan Posisi Badan

Sikap dan Posisi Badan
Sikap dan Posisi Badan

Teknik dasar permainan bulu tangkis juga mencakup sikap dan posisi badan yang harus diperhatikan. Sikap dan posisi badan akan menjaga keseimbangan dalam permainan. Sehingga pemain tidak akan mudah terjatuh saat pertandingan berlangsung.

Sikap dan posisi badan juga memb pengaruhi kualitas pukulan yang akan diberikan. Hingga seringnya kegagalan seorang pemain dalam melakukan pukulan. Berikut adalah teknik bagaimana menjaga sikap dan posisi badan dalam permainan bulu tangkis :

  1. Posisikan badan anda bertumpu pada kedua kaki kanan dan kiri.
  2. Tekuklah atau bengkokkan kedua lutut, lalu berdiri dengan ujung kaki hingga pinggang berada pada posisi tegak.
  3. Jark antara kedua kaki adalah selebar bahu dengan salah satu posisi kaki berad di depan.

 

E. Teknik Cara Servis

Teknik servis memanglah senjata di awal permainan. Kesalahan dalam servis juga akan memberikan kesempatan kepada lawan, sehingga harus hati-hati untuk mengambil langkah dalam servis.

Sebelum melakukan servis, perhatikan posisi keberadaan lawan. Tempatkan bola/kok ke daerah yang susah untuk di jangkaunya. Sehingga lawan akan kesusahan dalam menerima dan memberikan kesempatan kedua dalam mencetak poin.

Teknik servis dalam permainan bulu tangkis juga mempunyai 2 kriteria, yaitu servis ats dan servis bawah. Tetapi dalam melakukan gerakan servis tersebut tidaklah sembarangan. Melainkan ada peraturan tertentu dalam melakukan servis.

1. Servis Fore Hand

Servis Fore Hand memiliki 2 tipe, yaitu servis Fore Hand pendek dan tinggi. Servis Fore Hand pendek digunakan untuk memaksa lawan agar tidak dapat melakukan serangan. Sedangkan servis tinggi biasa digunakan dalam permainan tunggal. Berikut adalah cara melakukan teknik servis Fore Hand pendek dan tinggi :

a). Fore Hand Pendek

Pukullah bola/kok dengan mengayunkan raket yang relatif pendek. Lalu ketika pada saat perkenaan antara daun raket dengan kok, siku dalam keadaan bengkok agar menghindari penggunaan tenaga pada pergelangan tangan.

Selanjutnya perhatikan peralihan titik berat pada tubuh kita. Lakukanlah teknik servis ini berulang kali dengan menggunakan kok untuk melatih tangan agar menghasilkan servis yang berkualitas

b). Fore Hand Tinggi

Pukullah bola/kok dengan tenaga yang kuat agar melambung tinggi ke atas dan jatuh pada bagian belakang garis lapangan lawan. Sebelum memukul, posisikan kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki menempel ke lantai.

Setelah melakukan pukulan, gerakan kaki harus seirama agar tidak salah melangkah hingga membuat tersandung ataupun membuat pergerakan menjadi lambat. Latihlah secara rutin agar menguasai teknik servis Fore Hand tinggi ini.

 

2. Servis Back Hand

Servis Back Hand pada umumnya sering digunakan pada permainan ganda. Karena pada permainan ganda terdapat 2 pemain dalam satu tim sehingga bagian depan dan belakang selalu terjaga. Hingga hanya satu cara yaitu servis Back Hand pendek.

a). Back Hand Pendek 

Berikan jarak pada kedua kaki selebar pinggang, bengkokkan ke-dua lutut. Ini akan memberikan titik berat badan menumpu pada kedua kaki. Lalu letakkan kaki kanan berada di depan kaki kiri.

Setelah siap, ayunkan raket mendorong bola/kok sehingga kok melewati net dengan pelan. Dorongan pelan tersebut akan membuat bola/kok jatuh dekat dengan net di area lawan.

Baca Juga : Rahasia Sejarah Bulu Tangkis Dunia
Baca Juga : Peraturan Internasional Bulu Tangkis

*NB : Untuk mendalami tentang dasar-dasar dari permainan olahraga Bulu Tangkis/Badminton, anda bisa pilih menu “Informasi” diatas.

_________________________________________

Punutup

Sekian saja yang dapat kami sampaikan, kami mohon maaf jika ada kesalahan maupun kekurangan dalam artikel kami. Jika anda memiliki pendapat atau kritikan, silahkan berkomentar pada kolom komentar yang telah kami sediakan.

Oke, cukup sekian penyampaian dari kami. Semoga apa yang kalian tanyakan dapat terjawab dalam artikel kami. Terima kasih telah membaca !!

_________________________________________

5+ Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis / Badminton SINGKAT !!

 

Jangan Lupa Juga Untuk Mengunjungi Channel YouTube Kami :

 

Yakin Gak Mau Komen?

%d blogger menyukai ini: